18 Pokdarwis di Kendal Ikut Pelatihan SDM Kepariwisataan

Pelatihan SDM Pokdarwis Kendal 2017

0
1244

Sebanyak 200 peserta mengikuti Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan bagi Masyarakat. Para peserta merupakan anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kendal, tokoh masyarakat, aparat desa dan pemuda. Kegiatan pelatihan yang diadakan di Pendiopo Kab Kendal pada Selasa (9/5/2017) menghadirkan narasumber Dr Wisnu selaku Asisten Deputi Kelembagaan pada Kementerian Pariwisata yang menyampaikan tentang Kebijakan Nasional Kepariwisataan. Juga anggota Komisi X DPR RI, Jamal Mirdad yang memberikan motivasi untuk kemajuan pariwisata. Selain itu Cahyanto dari PHRI Kab Kendal yang menyampaikan tentang Pelayanan Prima dalam Mengelola Objek Wisata.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Tavip Purnomo juga menyampaikan materi tentang Kebijakan Lokal Pariwisata di Kendal. Menurut Tavip, ada problem yang sedikit menghambat pengembangan Desa Wisata. Yaitu terkait bantuan fisik untuk pengembangan Desa Wisata. Hal ini karena ada program Dana Desa, maka bantuan untuk pembangunan fisik dari pusat untuk pengembangan objek wisata di desa tida bisa dilakukan. “Karena ada Dana Desa, maka tidak boleh bantuan pusat untuk pembangunan fisik, seperti membangun sarana-prasarana atau jalan,”katanya.

Tavip mengatakan, jika pengembangan Desa Wisata hanya mengandalkan Dana Desa, maka akan lambat, karena masih banyak program pembangunan desa yang lebih penting. Untuk itu akan dicari regulasi supaya desa wisata bisa mendapatkan bantuan untuk pembangunan fisik, paling tidak untuk akses jalan. “Bantuan dari pusat hanya diperbolehkan untuk kegiatan semacam pelatihan,”kata Tavip.

Sementara itu Cahyanto mengatakan, untuk bisa menjadi objek wisata yang hebat, maka harus menjadi yang terbaik, yang pertama atau yang terunik. Pasalnya, masyarakat akan tertarik dengan hal-hal yang baru atau berbeda dengan yang lain. “Yang penting harus bisa mencari sesuatu yang bisa membuat orang tertarik,”tukasnya.