ANTISIPASI BANJIR, RESIK RESIK KALI KENDAL DIGELAR

0
215

KENDAL – Segenap PNS dari berbagai SKPD, anggota TNI, pegawai kelurahan sekitar Kota Kendal dan petugas kebersihan mengadakan kegiatan Resik Resik Kali Kendal yang membelah Kota Kendal, Jumat (13/11). Sebelumnya diadakan Apel Kebersihan yang dipimpin Sekda Kendal Ir. Bambang Dwiyono, MT di pelataran Masjid Kendal.

Menurut Sekda Bambang, kegiatan pembersihan sungai dari sampah dan tanaman pengganggu tersebut bertujuan untuk mengurangi dampak musim penghujan yang telah mulai melanda serta antisipasi terhadap bencana banjir yang bisa terjadi. Lebih lanjut, menurut Bambang, kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk mengembalikan fungsi sungai sebagai penampung air untuk irigasi selain menampung air dan penahan banjir di kala musim penghujan.

Kegiatan Resik Resik Kali Kendal merupakan kerjasama antara Balai PSDA Semarang dengan Pemkab Kendal yang diikuti sekitar 300 orang. Dikatakan Sekda, kegiatan pembersihan sungai tersebut diharapkan diikuti oleh masyarakat dan elemen lain di lokasi lain di Kabupaten Kendal yang dilalui sungai untuk melakukan hal yang sama sebelum debit air di sungai bertambah. Selama lima hari, Kali Kendal akan dibersihkan dengan melibatkan personil selanjutnya akan dibersihkan dengan alat back hoe ( begu ).

Ke depan, embung embung air sebagai penahan sir hujan akan dibangun untuk mengatasi banjir dan untuk pengairan di daerah titik banjir di Kabupaten Kendal yang dilalui lima belas sungai baik besar maupun kecil.

Kegiatan kerja bhakti pembersihan kali dilakukan dengan lokasi dari jembatan dekat jalan Pemuda sampai jaln Taat dekat Masjid Agung Kendal. ( 03 / heDJ )

BAGIKAN