Pencari Kerja Padati Kendal Career Festival di GOR Bahurekso

0
155

Hari pertama dibukanya Kendal Career Festival (KCF) ke 2 tahun 2015 yang digelar di GOR Bahurekso Kendal Kamis (26/11) langsung dipadati pengunjung. Kendal Career Festival atau lebih dikenal dengan Job Fair berlangsung selama 3 hari, Kamis-Sabtu (26-28/11). Sekretaris Disnakertrans Kendal, Mashuri, selaku Ketua Panitia menargetkan sekitar 7 ribu pengunjung. Penyelenggaraan kali ini diikuti 40 peserta, terdiri dari 7 perusahaan lokal Kendal, 32 perusahaan Jateng dan 1 perusahaan nasional dari Jakarta.”Job Fair tahun lalu mampu menarik pengunjung 5.000 lebih, untuk sekarang targetnya sampai 7.000 pengunjung,”harapnya.

Berbeda dengan Job Fair tahun lalu, kali ini tidak membuka stand untuk PJTKI. Mashuri menjelaskan, ada 12 sektor pekerjaan yang membuka stand, yaitu sektor industri farmasi, inudtri pemasaran, perbankan, garmen, manufaktur, pembiayaan, distributor, industri kayu, rumah sakit dan klinik, ritail, jasa transportasi, dan instansi pemerintah. “Instansi pemmerintahnya itu Polda yang ikut membuka stand di sini,”katanya.

Mashuri mengatakan, event KCF ini bertujuan untuk mempertemukan perusahaan sebagai penyedia lapangan kerja, dengan pencari kerja sebagai upaya perluasan kesempatan kerja. Membantu menyalurkan para lulusan ke dunia kerja supaya lebih mudah dan lebih dekat. “Di sini dibuka kesempatan kerja mulai lulusan SMP sampai perguruan tinggi,”jelasnya.

Seperti Tuti Alawiyah (20) asal Weleri mencoba mencari kerja lewat KCF. Tentunya Tuti yang hanya lulusan SMP mencari jenis pekerjaan yang bisa menerima lulusan SMP. Dengan rasa senang, karena ada lowongan garmen yang membuka kesempatan untuk lulusan SMP. “Saya mencari yang sesuai dengan ijazah saya, SMP. Katanya nanti ada pelatihan sebelum diterima menjadi karyawan garmen,”katanya

KCF dibuka oleh Kepala Disnakertrans Kendal Dewi Diniwati dengan pengguntingan pita. Penjabat Bupati Kendal Kunto Nugroho dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Disnakertrans Kendal Dewi Diniwati mengatakan,  Pemkab Kendal akan membantu dunia usaha supaya tumbuh berkembang. Pasalnya, dengan tumbuhnya dunia usaha, maka akan banyak membuka kesempatan kerja. Menyongsong berlakunnya era Masyarakat Ekonomi Asia tahun 2016, Pj Bupati Kunto mengingatkan, supaya mempersiapkan diri dengan meningkatkan keahlian dan selalu berinovasi, agar tidak kalah saing dengan pekerja dari luar negeri. (Ab)