Kantor Pajak ajak Paslon Bupati Komitmen Tingkatkan Pajak

0
239

KPP Pratama Batang, yang membawahi wilayah pajak Kabupaten Batang dan Kendal mengundang kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kendal di Rumah Makan Aldila Kendal Jumat (04/12/2015). Kepala KPP Pratama Batang Haryo Abduh Suryo mengatakan, tujuan mengundang kedua pasangan kandidat tersebut untuk mengajak komitmen dalam menggenjot pendapatan pajak di Kabupaten Kendal. “Siapapun yang terpilih nanti, kami ajak untuk berkomitmen meningkatkan pendapatan pajak di daerah Kendal ini,”katanya.

Haryo menjelaskan, potensi pajak di Kab Kendal sebenarnya sangat besar, mulai dari sektor pertanian, perikanan, dan sektor lainnya, namun belum tergarap semuanya. Fakta ini berdasarkan perbandingan antara realiasasi penerimaan pajak pusat terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) hanya sebesar 3 persen, padahal nasional mencapai 12 persen. “Untuk Kendal besarnya PDBR 13 triliun, namun realisasinya hanya 200 miliar atau sekitar 3 persen,”.

Realiasasi ini menunjukkan masih banyak masyarakat yang belum terdaftar sebagai wajib pajak dan masih banyak wajib pajak yang belum patuh membayar pajak. Untuk itu harus bekerja sama dengan Pemda Kendal untuk menggerakkan dan menggali potensi pajak yang ada di Kab Kendal. Potensi yang bisa digarap misalnya para pelaku usaha UMKM yang jumlahnya ribuan, para pengusaha atau perusahaan yang beroperasi di Kendal, dan potensi lainnya yang bisa ditangani secara maksimal. Namun karena petugas pajak jumlahnya sangat sedikit, maka perlu bersinergi dengan pemkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. “Jika perolehan pajaknya besar, secara otomatis akan berpengaruh terhadap pembangunan di Kendal, sebab hasil pajak itu akan kembali untuk membiayai pembangunan juga,”jelasnya. (Ab)