Januari 2016, Pelabuhan Kendal mulai Dibuka

0
327
Pelabuhan Tanjung Kendal dipastikan sudah mulai beroperasi pada Januari 2016 mendatang. Kepastian ini diperoleh setelah Kementerian Perhubungan RI menandatangani kontrak bantuan subsidi operasional dengan jangka waktu selama 6 bulan. Kepala Bidang Angkutan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf mengatakan, kontraknya sudah ditandatangani pada 23 Desember 2015. “Karena bersifat bantuan anggaran, maka harus dilaksanakan, sehingga Januari nanti sudah beroperasi,”katanya.

Mengenai besarnya subsidi, menurut Yusuf, pihak Kemenhub tidak menyebutkan besarnya bantuan. Hanya saja, setelah pasca 6 bulan diharapkan bisa mandiri tanpa subsidi. Persiapan pun sudah dilakukan, baik pihak Dishub Kendal maupun Kumai Kalimantan, seperti menyiapkan para pegawai. “untuk pegawai,  pihak Dishub sudah membentuk UPTD Pelabuhan, baik di Kendal maupun Kumai,”jelasnya.

Terkait dengan pihak operator kapal, Kepala Dinas Perhubungan Kendal Subarso mengatakan, akan ditangani oleh pihak ketiga yang sudah dilakukan melalui lelang. Pemenang lelangnya yaitu PT ASDP Indonesia Very, sebuah BUMN yang mengoperasionalkan kapal. “Untuk sementara hanya satu kapal, yaitu Kapal Tanjung yang Minggu lalu sudah merapat ke pelabuhan,”ujarnya.

Sebelum kapal mulai beroperasi, pihak ASDP akan memberikan simulasi dan SOP operasional pelayanan dengan memberikan asistensi kepada pegawai dari Dishub. Sedangkan dukungan sarana angkutan, pihak Dishub juga sudah membicarakan dengan pihak organda, bahkan dengan Perum Damri di Semarang. “Organda siap, Dishub tinggal menuangkan jaringan trayek. Damri juga siap,”katanya.

Pada tahap awal, hanya dilakukan seminggu sekali dengan tujuan Pelabuhan Kendal – Kumai.