Angin Puting Beliung Rusak 4 Rumah di Desa Sendang Kulon Kangkung

2
767
Angin  puting beliung kembali terjadi di wilayah Kendal. Kali ini menimpa di Desa Sendang Kulon Kecamatan Kangkung Kendal Minggu (24/1/16) siang yang mengakibatkan empat rumah rusak parah, satu diantaranya roboh. Tiga rumah  yang mengalami rusak adalan milik  Achwan, Ropii, dan Giartin, sedangkan yang  mengalami roboh adalah  rumah milik  Sutiah.

Tiga rumah yang rusak parah menimpa pada bagian atapnya, sementara lainnya hanya genteng yang beterbangan.
Menurut Kunarto, angin berhembus cukup kencang dan berlangsung tidak lama. Saat kejadian, cuaca dalam kondisi mendung gelap. Angin dari arah barat begitu cepat, hanya sekitar satu menit menyapu genteng hingga berterbangan dan menimpa rumah lainnya. Beruntung pemilik rumah sedang keluar mengikuti pengajian sehingga tidak ada korban jiwa.” katanya.
Sementara warga lainnya menuturkan, angin awalnya berhembus dari arah timur menumbangkan ranting pohon. “Angin yang berputar kemudian berbalik arah menerjang rumah warga yang berada dekat sawah.  Angin yang berputar-putar berhembus kencang dan tidak kurang dari satu menit,” jelas Ngadiono warga sekitar.
Setelah kondisi normal, warga langsung bergotong-royong membersihkan puing-puing rumah yang ambruk akibat diterjang angin puting beliung. Warga dibantu tim SAR Bahurekso dan aparat TNI bergotong-royong memperbaiki rumah yang atapnya tersapu angin. Dari pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal hanya tiga rumah yang mengalami rusak parah dan satu rumah ambruk diterjang angin puting beliung. Saat itu juga, BPBD Kendal memberikan bantuan darurat, berupa sembako. Warga lain juga ikut membantu tetangganya yang rumahnya mengalami kerusakan. (Ab)