Perbaikan Irigasi jadi Prioritas yang Diusulkan di Musrenbangcam Kaliwungu

0
135

Perbaikan irigasi menjadi salah satu prioritas utama yang diusulkan dalam Musrenbang Kecamatan Kaliwungu yang berlangsung di Pendopo Kecamatan Kaliwungu Selasa (16/02/2016).  Usulan tersebut di antaranya disampaikan oleh Kepala Desa Nolokerto Budi Supriyono. Pasalnya di Desa Nolokerto ada sekitar 200 hektar sawah yang kesulitan air saat kemarau. “Perbaikan irigasi saya kira sudah mendesak, karena sudah sering diusulkan. Kasihan para petani karena harus sering berebut air,”ujarnya.

Kesulitan air di persawahan Kaliwungu juga disampaikan Danramil Kaliwungu Kapten Suaryatmo. Berdasarkan pantauan langsung di lokasi, di wilayah Kecamatan Kaliwungu banyak lahan sawah yang kesulitan air, sehingga perbaikan irigasi harus segera ditangani. Pasalnya, akibat kesulitan air, lahan sawah yang semestinya bisa panen 2 atau 3 kali dalam setahun, kini hanya bisa panen cuma satu kali. Padahal Pemkab Kendal ditargetkan untuk bisa meningkatkan produksi pangan, sebagai tindak lanjuk menyukseskan program swasembada pangan nasional. “Untuk meningkatkan produksi ya irigasi harus diperbaiki, supaya bisa panen berkali-kali. Kalau perluasan lahan sawah kan sudah tidak bisa, karena banyak lahan yang justru berubah menjadi perumahan,”katanya.

Ketua DPRD Kendal H. Prapto Utono yang hadir di acara Musrenbangcam Kaliwungu mendukung perbaikan irigasi. Untuk mempercepat agar usulan tersebut cepat terlaksana, Prapto meminta kepada  Camat agar lebih aktif dan proaktif terhadap aspirasi masyarakat. Sebab dengan adanya peraturan yang baru, pihak camat bisa mengerjakan proyek-proyek di wilayahnya, tapa harus berkoordinasi dengan dinas terkait. “Sekarang camat boleh mengerjakan proyek, makanya harus dimanfaatkan untuk mempercepat pembangunan di wilayahnya,”jelasnya.

BAGIKAN