Imaken Gelar Aksi Pungut Sampah

0
240
Ikatan Mahasiswa Kendal (Imaken) Minggu (21/02/2016) melakukan aksi pungut sampah di Kota Kendal. Aksi pungut sampah ini merupakan kegiatan moment Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari.  Aksi ini dilakukan bersama beberapa komunitas, seperti Kompak, P3MP, Advokat, Sapma PP, IPPNU, Pramuka dengan melakukan pungut sampah di Alun-alun, Taman Garuda, Taman Gajahmada, Taman Kalireyeng dan sepanjang jalan yang dilalui. “Jumlahnya sekitar 200 orang,”kata Ketua Imaken Khasanudin.

Usai aksi pungut sampah dilanjutkan dengan diskusi tentang sampah dengan menghadirkan anggota Forum Bank Sampah Kendal. Khusnudin mengatakan, kegiatan aksi sampah hanyalah awal untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan. “Ke depan akan ada tindak lanjutnya, seperti sosialisasi pengelolaan sampah,”katanya.

Kegiatan ini juga dibantu oleh Dinas Ciptaru Kendal untuk armada pengangkutan sampah-sampahnya. Sayangnya, pihak Badan Lingkungan Hidup Kendal, menurut panitia, tidak merespon untuk membantu kegiatan aksi pungut sampah.
Sementara itu, Ketua Forum Bank Sampah Kendal, Nunu Sarah Zainuba merasa senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa dan kelompok masyarakat. Nunu merasa semakin banyak teman yang ikut peduli sampah. Namun Nunu berharap agar mau untuk mengelola sampah dengan membentuk Bank Sampah. Menurut Nunu, menjaga kebersihan  tidak cukup dengan tidak membuang sampah sembarangan, tapi yang penting harus mau mengelola sampah, untuk bisa didaur ulang atau yang organik bisa dibuat pupuk. “Penanganan permasalahan sampah, itu harus bisa mengelola, sehingga tidak begitu saja dibakar yang justru akan menimbulkan polusi,”katanya.

Aksi pungut sampah memperingati Hari Peduli Sampah juga dilakukan oleh Kantor Pos Kendal. Bahkan aksi yang dilakukan pegawai kantor pos itu dilombakan.  Tim penilainya dari petugas kebersihan Ciptaru Kendal. Kepala Kantor Pos Kendal  Adi Cahaya Budi Santoso mengatakan, aksi ini agar para pegawai selalu peduli menjaga kebersihan lingkungan, termasuk menjaga kebersihan di lungkungan tempat kerja “Aksi ini akan terus dilakukan sebulan sekali, pada Sabtu pekan kedua di semua Kantor Pos di Kabupaten Kendal,”katanya.