Ananda Hilqom, Murid SDN 2 Kutoharjo Kaliwungu Juara 1 Bulutangkis Popda SD Kabupaten Kendal

0
1006

Ananda Hilqom dari SDN 2 Kutoharjo Kaliwungu berhasil meraih Juara 1 Popda SD tingkat Kab Kendal 2016. Dalam final yang berlangsung Rabu (2/3/2016) di GOR Bahurekso Kendal, Hilqom berhasil mengalahkan Daniel Mustika dari SDN Pandes Cepiring. “Ini pertama kali dapat medali emas, setelah tiga kali ikut Popda,”ujarnya.

Prestasi Hilqom ternyata terus meningkat, sejak pertama kali mewakili Kec Kaliwungu tahun 2014 yang hanya meraih juara 3. Kemudian pada Popda 2015 meraih juara 2, dan di tahun 2016 ini berhasil meraih juara 1. Sebagai juara 1, Hilqom yang sekarang duduk di kelas 5 SD, akan maju ke Popda tingkat Provinsi Jateng pada Maret mendatang.
Hilqom mengatakan, mulai berlatih bulutangkis sejak kelas SD karena  ikut kakaknya yang suka berlatih bulutangkis di klub Hammas Kaliwungu. Untuk menunjukkan kemampuannya, Hilqom juga mengikuti event-event kejuaraan di luar Kendal. Pada tahun 2015 berhasil meraih juara 1 Walikota Cup Semarang. Sebagai atlet bulutangkis, cita-citanya ingin masuk klub Djarum Kudus, namun postur tubuhnya yang kurang tinggi menjadi penyebab belum bisa masuk seleksi. “Sudah pernah ikut seleksi di Djarum Kudus, namun tidal masuk karena tinggi badannya kurang,”kata Nanik Irianti, pembimbing dari  UPTD PendidikanKec Kaliwungu.
Terkait dengan persiapan ke Popda tingkat provinsi, Nanik mengatakan, untuk mempersiapkan ke Popda tingkat provinsi, pihak UPTD akan berkoordinasi dengan Dinpora Kendal untuk latihan pemadatan. “Karena ikut klub, juga akan bekoordinasi denganpihakklub Hammas “katanya.
Pada Popda cabang bulutangkis, untuk SD diikuti 20 peserta putra dan 20 peserta putri mewakili UPTD Pendidikan masing-masing kecamatan. Sedangkan untuk tingkat SMP dan SMA diikuti peserta mewakili sekolah masing-masing.  Untuk SMP diikuti 36 peserta putra dan 32 peserta putri, sedangkan untuk SMA diikuti 37 peserta putra dan 27 peserta putri.