Nelayan jarang yang Melaut, Harga Ikan di Kendal Naik

0
390

Harga ikan laut di Kendal beberapa pekan terakhir ini naik. Seperti dituturkan nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Nur Ahmad, beberapa jenis ikan yang naik seperti  tongkol dari harga Rp 18 ribu  naik menjadi Rp 28 ribu per kilogram, udang dari harga Rp 40 ribu naik menjadi Rp 60 ribu, tengiri dari Rp25 ribu naik  menjadi Rp 45 ribu, sedangkan ikan kakap merah dari Rp 40 ribu naik jadi Rp 50 ribu. “Hampir semuanya naik, kecuali ikan yang kecil-kecil,”kata Nur Ahmad Minggu (6/3/2016).

Menurut Nur Ahmad, naiknya harga ikan karena stok ikannya sedikit akibat para nelayan jarang melaut karena kondisi laut minggu ini ombak besar. Seandainya di paksakan  hasilnya pun   tidak sebanding dengan biaya  yang di keluarkan. “Hasil tangkapan ikan para nelayan menurun, jadia memilih  di rumah atau memperbaiki  jaring,”ujarnya.
Akibat kelangkaan ikan, pendapatan pedagang ikan pun menurun. Seperti dialami pedagang ikan di TPI Bandengan Kendal, Pariyah, pendapatannya menurun lantaran tidak ada barangnya sehingga dia dalam satu hari biasanya bisa menjual ikan tongkol hingga 40 kg, karena  barangnya tidak ada, sehingga hanya bisa menjual  sekitar 20 kg. “Sebenarnya pembeli juga banyak, tapi barangnya yang tidak ada,”katanya.

BAGIKAN