Wisata Minggu Pagi Kawasan Taman Garuda Kendal terus Berkembang

0
857

Wisata Minggu pagi di kawasan Taman Garuda semakin ramai. Bahkan sejak Taman Garuda selesai direnovasi pada akhir 2015, kini keramaian semakin menjalar ke Jalan Laut arah RSUD dr Soewondo. Para pedagang kaki lima (PKL) yang semula hanya di sekeliling Taman Garuda, semakin memanjang mendekati RSUD. “Lama-lama bisa sampai ke utara sampai Stadion,”kata Agus Mustofa Minggu (6/3/2016).

Melihat semakin ramainya wisata Minggu pagi, Agus Mustofa, ikut-ikutan memanfaatkan keramaian itu. Namun tidak sekedar mencari peluang, Agus, yang memiliki usaha foto copy di GOR Bahurekso mencoba dengan konsep berbeda. Dengan menggandeng pihak sekolah dan bidang kesehatan, mulai Minggu (6/3/2016) membuka stand dengan konsep kuliner, pendidikan dan kesehatan. Tiga bidang ini dibuat satu paket dengan membuka lapak kuliner, stand sekolah sekolah dan pelayanan kesehatan. “Kami menggandeng SMKN 1 Kendal yang ikut buka stand produk karya siswa dan pengobatan herbal dari  Griya Sehat Kendal,”jelasnya.

Agus optimis ke depan akan semakin banyak sekolah yang terlibat, maupun dari usaha bidang lain. Menurut Agus, ide membuka stand berkonsep street food, education and health berharap wisata Minggu pagi memiliki keunggulan. Bukan hanya dipenuhi para pedagang, tapi ada promosi pendidikan dan kesehatan atau bidang lainnya. “Wisata Minggu pagi ini kan sudah berkembang dengan baik, jadi harus bisa dikembangkan lagi supaya memiliki ciri khas yang beda dengan keramaian di tempat lain,”katanya.

Agus pun berharap agar pihak Pemkab Kendal cepat  tanggap agar keramaian ini semakin berkembang lebih baik. Harapannya agar instansi terkait ikut terlibat, seperti Disperidag, Ciptaru, termasuk pihak Satpol PP agar keramaian menjadi lebih teratur. Menurut Agus, jika semua sudah tertata dengan baik, maka bisa dikembangkan ke wisata lainnya. “Saya kira bis dikembangkan untuk meramaikan wisata religi di sekitarnya, seperti makam Wali Gembyang, Wali Joko, Wali Hadi, dan wisata religi di Kaliwungu bahkan objek wisata lainnya di Kab Kendal,”harapnya.

Kepala SMKN 1 Kendal Surroyo berharap sekolah lain juga ikut berpartisipasi, seperti yang dilakukan para siswa SMKN 1 Kendal dengan membuka stand produk karya siswa dan usaha para siswa. “Ternyata ramai juga, dan saya senang, karena para siswa, terutama yang jurusan bisnis bisa belajar sekaligus praktek langsung mengembangkan bisnisnya,”katanya.

Demikian pula Kepala SMKN 7 Kendal Yudi Wibowo juga tertarik akan ikut berpartisipasi.  “Kali ini belum, tapi ke depan akan mengajak para siswa yang dari Plantungan ikut berpartisipasi,”ujarnya.