Puskesmas Sukorejo Akan Dijadikan Rumah Sakit

0
674

Puskesmas Sukoreja Kab Kendal dalam waktu dekat akan dijadikan rumah sakit. Upaya ini untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, karena di wilayah Sukoreja dan kecamatan lain di sekitarnya belum ada rumah sakit. Selama ini masyarakat di Sukorejo dan sekitarnya jika berobat di rumah sakit harus ke Weleri atau Temanggung yang jaraknya cukup jauh.

Menurut Kabid Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) dr Saechu, keputusan Puskesmas Sukorejo dijadikan rumah sakit, dinilai lebih mudah dan memungkinkan. Sebab jika mencari lahan baru untuk membangun rumah sakit, butuh proses yang rumit dan memakan waktu lama.

Dokter Saechu mengatakan, pengerjaannya akan dimulai tahun 2017 mendatang, sebab sudah masuk dalam rencana kerja (renja) tahun 2017. Anggaran yang dialokasikan sebesar 7 miliar di antaranya untuk merombak bangunan utama menjadi dua lantai. Terbatasnya lokasi lahan yang tidak bisa diperluas karena di sekelilinya sudah ada bangunan permanen. “Kekurangannya untuk lahan parkirnya akan sempit,”katanya.

Menurut dr Saechu, pada tahap awal akan menjadi rumah sakit tipe D. Selanjutnya, sambil memproses ijin operasional, akan dilakukan penambahan sarana dan prasarananya.

Ketua DPRD Kendal H Prapto Utono, pembangunan rumah sakit di wilayah Kendal atas di Sukorejo sudah mendesak, sehingga harus segera dilakukan. Untuk itu pihak dewan terus mendorong agar pembangunannya segera dilaksanakan. “Bukan hanya di Sukorejo, tapi juga di wilayah Boja, ujarnya.