Polres Kendal Serahkan Modul Pembelajaran Lalu Lintas di Sekolah

0
321
Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, materi tertib berlalu lintas akan diajarkan di kalangan pelajar mulai siswa SD hingga SMA. Acara penyerahan Modul Pendidikan Lalu Lintas tingkat SD-SMA di Jawa Tengah dilakukan di Satlantas Polres Kendal, Senin (18/4/2016). Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kendal Muryono dan perwakilan sekolah.

Kapolres Kendal AKBP Widi Atmoko melalui Kasat Lantas AKP Agus Triyono, mengatakan, kurikulum lalu lintas akan dimasukkan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas. Materi lalu lintas yang masuk dalam PPKn yakni UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. “Dimasukannya materi ini merupakan MoU antara Polda Jateng dengan Dinas Pendidikan Jateng serta jajaran polres dengan dinas pendidikan kabupaten/kota,”jelasnya.

Kapolres Widi mengatakan, pendidikan berlalu lintas perlu ditanamkan sejak usia dini, karena usia sekolah dianggap paling efektif dalam proses pembentukan mental, perilaku dan etika serta budaya berlalu lintas yang baik dan benar.

Dikatakan, kurangnya pengetahuan tentang berlalu lintas berakibat pada pelanggaran lalu lintas dan terjadinya kecelakaan yang dilakukan pelajar anak-anak di bawah umur hingga menyebabkan korban meninggal dunia. “Maraknya kecelakaan lalu lintas karena kurangnya kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas. Dan hampir sebagian besar korban kecelakaan merupakan pelajar,”katanya.
Kepala Dinas Pendidikan Kendal, Muryono, menyambut baik masuknya materi tertib berlalu lintas di mata pelajaran PPKn. Sebab, dengan adanya materi berlalu lintas, peserta didik lebih mengetahui tata cara berkendara, sehingga ketika mereka telah cukup umur memiliki SIM, bisa berkendara dengan baik dan tertib. “Jika mengetahui tentang pentingnya tertib lalulintas, maka bisa menekan kasus kecelakaan lalu lintas, khususnya di Kabupaten Kendal,”katanya.