TPI Tawang segera Diperbaiki

0
373

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tawang Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari di tahun 2016 ini segera dilakukan perbaikan. Ketua Komisi B DPRD Kendal Niken Larasati mengatakan, perbaikan TPI tersebut berupa pengerukan agar kapal-kapal besar bisa masuk ke TPI. Juga perbaikan sarana infrastruktur lainnya di TPI tersebut. “Saat ini, kondisinya dangkal, sehingga tidak kapal besar tidak bisa masuk,”kata Niken kemarin.

Niken mengatakan, jika kapal-kapal besar bisa masuk TPI, maka   hasil tangkapan ikan dari kapal-kapal besar bisa dijual di TPI. Upaya ini selain untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, juga untuk meningkatkan PAD Kab Kendal. Di Kab Kendal ada 5 TPI, namun sementara hanya satu TPI yang tahun ini segera dilakukan perbaikan. Sebab untuk perbaikan TPI diperlukan dana yang cukup besar. “Anggaran untuk perbaikan TPI Sendang Sekucing saja sekitar Rp 10 Miliar dari APBD Kabupaten,”ujarnya.

Menurut Niken, untuk perbaikan secara maksimal, dana 10 Miliar tersebut sebenarnya masih kurang. Untuk itu diharapkan, agar  pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal lebih pro aktif ke pemerintah pusat atau provinsi untuk mencari bantuan yang bisa diambil dan diaplikasikan di Kendal.

Sementara itu Kepala DKP Kendal Tjipto Wahjono mengakui, sampai saat ini, masih banyak nelayan yang kesejahteraan cukup memprihatinkan. Salah satu penyebabnya karena ikan hasil tangkapannya dijual dengan harga murah. Kondisi ini karena para nelayan masih terperangkap dengan para ijon, sehingga tidak berdaya dengan para ijon yang membeli ikan hasil tangkapannya dengan harga yang murah. Untuk itu, pihak dinas akan berupaya menghidupkan koperasi dan KUD. Harapannya agar bisa membantu para nelayan yang mebutuhkan modal untuk melaut. “Koperasi atau KUD itu, nantinya akan memberikan pinjaman lunak kepada para nelayan yang membutuhkan modal,”katanya.