BNN Kendal Lakukan Tes Urin Anggota Dewan

0
287
Badan Narkotika Nasional (BNN) Kendal pada Senin (25/4/2016) melakukan tes urin terhadap anggota DPRD Kendal. Kepala BNN Kendal Teguh Budi Santoso mengatakan, tes urin sengaja dilakukan secara mendadak pada saat DPRD Kendal mengadakan Rapat Paripurna, karena semua anggota dewan biasanya hadir. “Kami sengaja mencari moment saat Sidang Paripurna, supaya semua anggota bisa dites urinnya,”katanya.

Teguh mengatakan, setelah tes urin dilakukan kepada semua Forkompimda dan para pejabatnya, selanjutnya akan melakukan tes urin kepada semua PNS di Kab Kendal. Beberapa waktu lalu BNN Kendal secara mendadak melakukan tes urin terhadap Bupati dan para pejabat. Tes urin juga sudah dilakukan di Polres Kendal dan Kodim Kendal. “Setelah tes urin dilakukan terhadap Forkompimda dan para pejabat, selanjutnya akan menyeluruh ke semua pegawai negeri,”kata Teguh.

Sayangnya pada tes urin kali ini cukup banyak anggota yang tidak hadir, walaupun bersaman dengan Rapat Paripurna. Menurut Teguh, dari hasil tes urin memang ada dua anggota dewan yang positif mengandung obat. Namun setelah dilakukan crosscek, ternyata kedua anggota dewan tersebut sedang menjalani pengobatan dari dokter. “Jadi, walaupun hasil tesnya positif, bukan berarti mengonsumsi narkoba, tapi karena menjalani pengobatan karena penyakit,”jelasnya.
Sementara itu Ketua DPRD Kendal H Prapto Utono menyambut baik langkah BNN Kendal yang melakukan tes urin secara mendadak, tanpa pemberitahuan sebelumnya. Menurut Prapto, anggota dewan harus menjadi contoh bagi masyarakat, sehingga jangan sampai berbuat yang tidak baik, seperti mengonsumsi narkoba. “Semua anggota dewan harus mau melakukan tes urin. Jadi, jika hari ini ada yang tidak masuk, maka kami akan segera memanggil atau supaya secepatnya dilakukan tes urin,”ujarnya.