Seluruh Pasukan dan Terlibat TMMD Trengguli Lakukan Gladi Bersih Pembukaan TMMD

0
320

Kodim 0716/Demak beserta jajarannya mengggelar Gladi pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) REG -96 Tahun 2016, yang dilakukan di lapangan Desa Trengguli, Kecamatan Wonosalam, Kab Demak, Senin (02/05).

Dandim 0716/Demak, Letkol Inf Nanang T.T W menandaskan, gladi pembukaan TMMD REG 96 tersebut dilaksanakan, agar dalam upacara pembukaan Selasa (3/05/2016) bisa maksmal, lancar, tanpa ada kendala. “Ya ini semua kita lakukan untuk persiapan TMMD besok dimana salah satunya upacara pembukaan TMMD agar berjalan lancar,” ungkap Dandim.

Letkol Inf Nanang menambahkan, dia mengakui ada beberapa yang harus diperhatikan dalam gladi upacara TMMD yang digelarnya. Salah satunya untuk kelancaraan upacara, juga agar persiapan anggota matang dalam menjalani TMMD pada waktunya tiba. “Gladi ini bertujuan para anggota agar siap melakukan TMMD dengan baik, dan jangan sampai pada waktunya kurang baik atau kurang maksimal melakukan pembangunan di wilayah TMMD,” tegasnya.

Dandim berharap, pelaksanaan TMMD bisa selesai dengan baik dan lancar tidak ada hambatan apapun. Dengan target itu, warga sekitar TMMD bisa mendapatkan pembangunan dan menikmati atas pembangunan yang sudah dilakukan dalam TMMD. “Saya berharap agar pelaksanaan TMMD untuk besok bisa berjalan dengan lancar dan juga warga sekitar bisa mendapatkan hasil yang baik dalam TMMD ini,” beber Dandim Nanang.

Warga yang tinggal di sekitar Lapangan desa Trengguli, Wonosalam , Demak, berbondong-bondong melhat gladi bersih upacara pembukaan TMMD Reguler ke -96 Kodim Demak. Mereka menikmati sajian atraksi dalam acara gladi resik upacara pembukaan tersebut.

Solekatun (46) mengaku acara persiapan ini, membuatnya dapat memberikan hiburan kepada keluarganya secara cuma-cuma. “Lumayan dapat hiburan awal pekan, bisa bawa anak-anak nonton, daripada di rumah saja tidak ada kegiatan, tapi tidak perlu mahal-mahal,” kata Solekatun di Pinggir Lapangan Trengguli, Wonosalam, Demak, Senin (2/05).

Ibu rumah Tangga yang datang ke acara persiapan upacara pembukaan TMMD bersama dua orang anak laki-lakinya ini, mengatakan, selain ingin melihat atraksi dari anak anak sekolah dan Drumband, dia juga ingin menanamkan kepada anak-anaknya mencintai kebudayaan serta rasa cita tanah air kepada anak-anaknya.”Biar anak-anak semakin nasionalis,” katanya.

Pada acara gladi resik upacara pembukaan TMMD REG ke-96, gabungan anak anak sekolah memperagakan beragam atraksi. Mulai dari tari kolosal, peragaan drumband,seni barongan serta gladi pedang pora saat nantinya tamu masuk di sambut.

Komandan Korem 073/Makutarama, Kolonel Kav. Prantara Santoso dan para asisten Kodam IV/Diponegoro dijadwalkan akan hadir dalam pembukkan TMMD Reguler ke-96 Kodim 0716 Demak. Untuk itu, sejumlah personil, baik dari jajaran TNI maupun pihak-pihak terkait, begitu serius lakukan gladi bersih upacara pembukaan TMMD tersebut.

Sementara itu, Kepala Staf Kodim 0716/Demak, Mayor Arm. Dede Sudrajat mengecek sejumlah rumah warga Desa Trengguli yang akan di jadikan tempat menginap pasukan, di antaranya pasukan dari Batalyon 410/Alugoro, yang akan diterjunkan di TMMD Reguler ke- 96 Tahun 2016 Kodim Demak. Di Kesempatan itu Kasdim menyempatkan untuk melihat dari dekat Markas Komando Latihan (Makolatgab) TMMD di Trengguli Wonosalam Demak, Minggu 01 Mei 2016.

Kasdim Demak menyatakan, pengecekan yang dilakukan dalam rangka melihat kesiapan rumah dan tempat makan para prajurit. Apakah sudah layak ditempati atau belum siap, ‘’dengan pengecekan ini jika memang didapati ada kekurangan akan segera kita akan lengkapi. Selama init dukungan dari Pemda Kabupaten Demak cukup total,’’ ungkapnya.

Bagi TNI, lanjut Dede Sudrajat, keberadaan prajurit di tengah masyarakat dan berbaur menjadi satu dalam pelaksanaan gotong royong TMMD telah di dapatkan kemanggulan TNI dengan Rakyat. Dengan sistem ini, diharapkan TNI mampu memberi, sekaligus memperkuat daya tangkal yang semakin tinggi dan penting serta  strategis dalam perspektif pertahanan dan keamanan nasional.

Dengan TMMD, akan berdampak positif terhadap peningkatan pembangunan daerah, utamanya di sektor ekonomi. Selain meningkatkan mobilitas sosial khususnya sirkulasi arus barang. Dikarenakan jalan yang akan dibangun di TMMD nantinya merupakan jalur ke area sawah dan menghubungkan ke desa Kuncir, ‘’di jalur ini para petani saat panen dapat mengangkut hasilnya dengan mudah sehingga jasa pengangkutan secara signifikan lebih terjamin dan lebih maju.’’ Tambah Kasdim Demak