Menaker Hanif Dakhiri, Santri harus Kreatif dan Tingkatkan Kompetensi

0
264

Sebagai sumberdaya manusia, para santri sebenarnya memiliki daya saing yang tinggi. Hal ini dikatakan Menteri Tenaga Kerja H Hanif Dakhiri saat Sarasehan Nasional di Pondok Pesantren Al Fadlu wal Fadilah Kaliwungu Kamis sore (19/5/2016).

Sumberdaya manusia akan memiliki daya saing jika memiliki karakter, kompetensi atau keterampilan, dan kreativitas atau inovasi. Menurut Menteri Hanif, SDM santri memiliki kelebihan dalam hal karakter.  Untuk itu di hadapan para santri, Menteri Hanif berharap agar para santri membekali diri dengan keterampilan dan selalu kreatif.

Menteri Hanif juga mengingatkan, bahwa saat ini merupakan era persaingan global atau persaingan antar negara, sehingga harus memperkuat daya saing. Tenaga kerja Indonesia harus kompetitif, bukan hanya sebagai penonton, tapi sebagai pemain dan pemenang di era persaingan ini. “Langkah yang dilakukan pemerintah untuk memperkuat SDM adalah meningkatkan kompetensi supaya bisa bersaing dengan tenaga asing,”katanya.

Pengasuh Ponpes Al Fadlu wal Fadhilah KH Dimyati Rois juga mengatakan, santri harus memiliki karakter. Sebab tanpa karakter, maka tidak ada bedanya dengan orang biasa. “Karakter ahlakhul karimah ini harus dijaga,”tegasnya.