RW 1 Kelurahan Tunggulrejo Dicanangkan sebagai Kampung KB

0
325

Kampung RW 1 Kelurahan Tunggulrejo Kec Kendal dicanangkan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB). Pencanangan dilakukan oleh Bupati Kendal dr Mirna Annisa di halaman SD Tunggulrejo Selasa (24/5/2016) dengan dihadiri oleh Kepala BKKBN Prov Jateng, para pejabat Pemkab Kendal, para camat dan masyarakat Tunggulerjo.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Diah Aning Budiarti mengatakan, ditetapkannya sebagai Kampung KB karena kampung tersebut tergolong daerah minus, terpencil, tertinggal dan jumlah peserta KB tergolong masih rendah. “Dari 179 pasangan usia subur (PUS) di kampung ini, yang mengikuti KB hanya 106 PUS atau 59 persen. Lainnya sebanyak 73 PUS atau 41 persen tidak mengikuti KB,”ujarnya.

Diah Aning mengatakan, kriteria lain sesuai data  Kelurahan Tunggulrejo, bahwa di kampung RW 1 yang berjumlah 864 jiwa masih banyak yang harus dibenahi, seperti kesadaran untuk memasukkan anak-anaknya ke PAUD masih rendal, belum memiliki sekolah TK, dan kegiatan PIK remaja masih perlu pembinaan. Hal lain juga perlu dilakukan adalah penyuluhan hukum dan perlindungan anak, penyuluhan bahaya narkoba, serta pembinaan UMKM. “Fasilitas penunjang seperti taman bermain anak juga belum ada dan pengelolaan kebersihan lingkungan juga belum memadai,”jelasnya.

Bupati Kendal dr Mirna Annisa berharap semua pemegang kepentingan atau instansi terkait untuk melakukan pembinaan terkait dengan kekurangan yang harus dibenahi. Kepada masyarakat Bupati Mirna berharap agar peduli terhadap laju jumlah penduduk, peduli terhadap pendidikan anak dan menjaga pergaulan remaja. “Kampung ini saya harap bisa terus meningkatkan kemandiriannya,”harapnya.

Kepala BKKBN Provinsi Jateng Mastur mengatakan, Kendal termasuk angka kepersetaan KB-nya rendah, sehingga harus meningkatkan pembinaan agar kesadaran ber-KB semakin tinggi. “Tingkat provinsi kepesertaan KB Jateng sudah 65 persen, tapi Kendal baru 61 persen,”ujarnya.