Sebanyak 62 Desa di Kabupaten Kendal siap Laksanakan Pilkades Serentak 15 September 2016

0
343
Sebanyak 62 desa di Kabupaten Kendal siap melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 15 September 2016 mendatang. Namun menurut Kasubag Bina Pemdes Bagian Tapem, Y Tekad Utomo, jadwal itu jika tiap-tiap desa tersebut memiliki minimal dua orang calon kades. “Jika calonnya hanya satu orang atau kurang dari dua calon, maka masa pendaftarannya diperpanjang selama 20 hari kerja. Karena persiapannya diperpanjang, maka pelaksanaan pilkadesnya juga diundur,”jelas Y Tekad saat memberi Bintek bagi panitia pilkades Rabu (25/5/2016) di OR Setda Kendal.

Tekad Utomo juga mengatakan, jika calon pendaftarnya lebih dari lima orang, maka harus dilakukan seleksi. Dasar hukumnya, yaitu UU No 6/2014, Permendagri 112/2014, Perda 5/2015 dan perbup 17/2016. Karena ada peraturan yang baru, maka untuk persiapan, Bagian Tata Pemerintahan Setda Kendal melakukan bintek bagi panitia bagi seluruh panitia ppilkades dari semua desa yang melakukan pilkades. “Bintek ini juga kegiatan yang harus dilakukan,”kata Tekad Utomo.

Tekad Utomo mengatakan, bintek diadakan untuk menyamakan persepsi tentang pilkades, karena ada peraturan baru terkait pelaksanaa pilkades 2016. “Prinsipnya adalah pilkades dilaksanakan secara serentak,”ujarnya.

Bintek juga menghadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal dan Kementerian Agama Kendal. Dua narasumber ini menyampaikan tentang keabsahan ijazah bagi calon kepala desa.