Dispendukcapil Kendal Permudah Layanan Pembuatan KTP dan KK

0
680
Pembuatan KTP dan akta kelahiran, cukup dengan menyerahkan foto kopi kartu keluarga (KK). Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kendal Tatang Iskandariyanto, pada acara Pembinaan Petugas Regristrasi untuk Pencatatan Sipil yang digelar di Operation Room Setda Kendal, Rabu (1/6/2016).

Tatang mengatakan, dalam surat yang dikelurakan Kementerian Dalam Negeri Nomor 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016 Mendagri disebutkan, seiring dengan tertatanya database kependudukan di seluruh Indonesia, maka dalam pelayanan perekaman, penerbitan, dan penggantian e-KTP yang rusak dan tidak merubah elemen data kependudukan perlu penyederhanaan prosedur, yaitu cukup dengan memperlihatkan fotokopi kartu keluarga. “Ini instrukts Mendagri agar pelayanan e-KTP dan akta kelahiran dipercepat pelayanannya,”kata Tatang.

Untuk mempermudah pelayanan, pihak Dispendukcapil membuka loket khusus untuk pelayanan bagi penduduk yang belum mendapatkan e-KTP pada saat perekaman massal. Dispendukcapil juga memberikan pelayanan rekam cetak di luar domisili sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 2016. Kemudahan lainnya yaitu melakukan jemput bola dengan pelayanan keliling untuk perekaman di sekolah, kampus, pusat perbelanjaan, perusahaan, panti jompo, lembaga pemasyarakatan, desa dan kelurahan.

Dalam pembuatan akte kelahiran, pihaknya bekerja sama dengan dinas pendidikan, dinas kesehatan, dan kepala rumah sakit untuk jemput bola pengurusan akte kelahiran SMU/SMK, rumah sakit, dan puskesmas. Tatang mengingatkan, bagi warga yang tanggal 1 Mei 2016 sudah berusia lebih dari 17 tahun atau sudah menikah dan tidak sedang menetap di luar negeri, wajib melakukan perekaman paling lambat 30 September 2016. “Mohon, ini supaya diberitahukan kepada siapa saja,”harapnya.