Telur Mimi banyak Dijual di Dugderan Kaliwungu

0
604

Tradisi menyambut bulan suci Ramadan di Masjid Agung Kaliwungu dirayakan dengan menggelar pasar jajanan tradisional. Seratusan pedagang memenuhi area parkir masjid Minggu (5/6/2016) mulai siang sampai menjelang waktu shalat Isya.

Jenis makanan khas yang banyak dijual adalah masakan telur mimi, yaitu masakan dari telur ikan Pari. Menurut Mely, seorang penjual makanan, telur mimi banyak didapat saat menjelang bulan Ramadan. “Kalau hari-hari biasa telur mimi ada, tapi sedikit. Kalau menjelang puasa banyak sekali,”katanya.

Selain telur mimi, juga ada kerang, rajungan, dan aneka jajanan tradisional. Menurut Rohmi, penjual jajanan tradisional, jualannya biasanya sudah habis sebelum maghrib. Ribuan warga yang mendatangi area dugderan selain ingin mendengarkan pengumuman langsung jatuhnya awal Ramadan dari Takmir Masjid, juga mencari makanan. “Nanti menunggu pengumuman, jika puasa tidak jadi hari besok, ya besok pada jualan lagi,”katanya.

Tradisi yang sudah ada sejak dulu semakin tahun semakin ramai, seiring dengan semakin padatnya  penduduk. Panitia Dugderan, Tahfid mengatakan, selain menggelar pasar jajanan tradisional, panitia juga menggelar lomba musik klotekan yang biasa dimanfaatkan untuk membangunkan warga pada saat sahur. “Tujuan utama adalah menyambut datangnya bulan Ramadan,”ujarnya.