Jelang Lebaran, Penjualan Daging Sapi Agak Sepi

0
260

Menjelang pertengahan Ramadan, penjualan daging sapi di pasar mulai berkurang. Menurut penjual daging di Pasar Cepiring, Ibu Lelly, penjualan daging cukup ramai di awal-awal Ramadan, namun seminggu kemudian penjualan daging mulai berkurang. Pasalnya masyarakat lebih fokus untuk kebutuhan pakaian dan keperluan lebaran lainnya. “Biasanya mulai pertengahan sampai Lebaran, pembeli agak sepi,”katanya.

Sepinya pembeli daging sapi akibat harga daging sapi yang terus naik. Ibu Lelly mengatakan, sejak seminggu lalu, harga daging sapi kualitas satu naik 5 ribu menjadi Rp 100ribu/kg, dan Rp 95 ribu/kg untuk kualitas Dua. Walaupun daging sapi impor harganya lebih murah, namun di Pasar Cepiring tidak ada yang menjual daging impor, karena tidak diminati masyarakat. “Gak jual daging sapi impor, soalnya tidak ada yang minat,”ujarnya.

Sementara untuk harga ayam potong per kilogram, naik Rp 1000 menjadi Rp 32ribu. Menurut penjual ayam, Maghfiroh, kalau mendekati Lebaran, justru penjualan ayam potong biasanya menurun. Pasalnya, untuk Lebaran, masyarakat lebih suka membeli ayam yang masih hidup untuk dipotong sendiri. “Sekarang pembelinya agak sepi, paling 10-20 kg habisnya sehari,”katanya.