Kampung Nelayan di Karangsari dan Bandengan Kena Rob

0
664

Dua kampung nelayan yang berada di Kelurahan Bandengan dan Karangsari Kecamatan Kota Kendal  tidak luput terkena banjir rob akibat gelombang pasang air laut. Air mulai menggenang pagi hingga sore hari, dan akan surut menjelang malam. Bahkan ada yang terus tergenang sampai beberapa minggu hinggs Kamis (16/6/2016), karena lokasinya bersebelahan dengan area persawahan yang juga terkena ron. Tampak beberapa rumah dan teras masjid di Kelurahan Karangsari masih tergenang air rob.

Menurut warga banjir rob akibat gelombang pasang air laut ini sudah terjadi dua pekan terakhir. Air selalu menggenangi pemukiman pada pagi hingga sore hari dan akan surut menjelang malam. Bahkan saat puncak air pasang ketinggian banjir mencapai setengah meter.

Akibat air rob juga mengakibatkan hektaran tanaman padi di dan Karangsari yang baru ditanam ikut terendam air. Selain itu, air rob juga menggenangi Sekolah Dasar Negeri 3 Bandengan. Halaman sekolah tergenang sehingga mengganggu aktivitas siswa yang hendak masuk ke dalam sekolah. Pihak sekolah terpaksa meliburkan siswa jika banjir rob tinggi hingga masuk ke dalam kelas. Menurut Buchori, benih padi yang terendam air rob, bisa rusak atau mati. “Kalau terendam terus sampai tidak kelihatan ya padinya bisa rusak,”katanya.