Calon Jamaah Haji Asal Kendal Ikut Manasik Haji

0
528
Sebanyak 772 calon jamaah haji asal Kab Kendal mengikuti Manasik Haji di Pendopo Kab Kendal Sabtu (16/7/2016). Manasik Haji tingkat Kab Kendal yang pertama ini memberikan bekal kepada calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji tahun 2016 ini. “Sebenarnya ada 273, tapi satu orang meninggal,”kata petugas dari Kemenag Kendal, Ahmad Saifudin.

Pembekalan pada Manasik Haji ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kendal H Saidun, Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jateng H Noor Badi, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kendal H Sumari dan petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kab Kendal.

Kepala Kantor Kemenag Kendal, H Saidun mengatakan, calon jamaah haji Kab Kendal terbagi dalam tiga kloter, yaitu Kloter 45 sebanyak 355 orang, Kloter 71 sebanyak 72 orang, dan Kloter 72 sebanyak 346 orang. “Kloter 41 semuanya dari Kendal, Kloter 71 bergabung dengan calon jamaah haji asal Demak, dan Kloter 72 ada tambahan calon jamaah haji asal Grobogan,”kata Saidun.

Saidun mengatakan, calon jamaah haji Kloter 45 rencananya akan berangkat dari Asrama Haji Donohudan tanggal 26 Agustus 2016. Sedangkan Kloter 71 akan berangkan tanggal 3 September 2016, dan Kloter 72 akan berangkat tanggal 4 September. Untuk calon jamaah haji Kab Kendal semua persiapan sudah dilakukan. “Masing-masing kecamatan nanti akan melakukan Manasik Haji yang jabwalnya mulai tanggal 18-24 Juli ini,”ujarnya.

Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jateng H Noor Badi mengatakan, persiapan untuk calon jamaah haji Jawa Tengah sudah semuanya, seperti hotel dan katering. Pembekalan kepada semua petugas juga sudah dilakukan. Haji berpesan kepada semua calon jamaah haji supaya mengikuti semua petunjuk dari petugas. “Jaga kesehatan karena cuaca di sana cukup panas, termasuk jadwal berangkat untuk lempar Jumroh juga harus dipatuhi, demi keamanan,”jelasnya.