Kelompok Nelayan TPI Tawang akan dapat Bantuan Perahu

0
415

Kelompok nelayan di TPI Tawan Kec Rowosari akan mendapatkan bantuan tiga unit perahu dari pemerintah pusat. Tiga perahu tersebut berkapasitas 5 GT. “Sebenarnya mengajukan 6 unit, namun hanya diberi 3 unit,”kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kab Kendal Cipto Wahyono Kamis (28/7/2016).

Cipto mengatakan, kemampuan perahu-perahu itu hanya mampu untuk berlayar sehari pulang. Sebenarnya akan diberi yang berkekuatan 30 GT, namun koperasi nelayan yang akan menerima bantuan itu belum mampu mengoperasikannya. Dikatakan, selama ini, hasil tangkapan ikan para nelayan di Kab Kendal belum mencukupi untuk kebutuhan ikan bagi masyarakat Kendal. Untuk mencukupi kebutuhan ikan, masih mengambil dari Semarang atau Pekalongan. Bahkan ada yang impor dari China, terutama ikan untuk produksi pindang. “Kalau jenis ikan dari Kendal di antaranya ikan nose, teri, dan sedikit ikan tuna,”katanya.

Menurut Cipto, bantuan perahu masih sangat diperlukan, terutama perahu yang berkekuatan 30 GT yang bisa menjangkau perairan lepas laut. Namun perahu-perahu yang ada sekarang, masih belum bisa menjangkau lepas laut. Jika bisa menjangkau lepas laut, tentu akan mendapatkan tangkapan ikan yang lebih besar. “Kalau Kendal banyak perahu besar, tentu akan mendapat tangkapan ikan yang banyak, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan,”ujarnya.

Ketua Komisi B DPRD Kendal, Niken Larasati, berharap, bantuan perahu tersebut bisa dimanfaatkan atau dikelola secara optimal, sehingga meningkatkan kesejahteraan nelayan. “Tidak cukup bantuan perahu, tapi perlu ada program lain untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, terutama untuk menyikapi ketika kondisi nelayan tidak bisa melaut, karena cuaca buruk,”harapnya.