Tidak ada Lapangan, Lomba Agustusan Digelar di Jalan

0
298
Antusias masyarakat Kota Kendal dalam menyambut peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71 tahun 2016 luar biasa. Hal itu terlihat dari semaraknya bendera dan umbul-umbul yang sudah terpasang di gang-gang hampir di semua pemukiman di Kita Kendal. Juga semaraknya lomba-lomba yang digelar di tiap-tiap RW bahkan banyak juga yang tingkat RT.

Kemeriahan ini sudah mulai sejak awal Agustus ini. Bahkan di hari Minggu (14/8/2-16) hampir di penjuru perkampungan di Kota Kendal digelar lomba-lomba Agustusan, seperti di lingkungan Wali Gembyang Kel Patukangan, Karangsari, Banyutowo, Kebondalem, Langenharjo dan lainnya.

Di Kelurahan Langenharjo Kendal, RW 1 dan RW 3 yang lokasinya berdampingan, masing-masing menggelar lomba Agustusan. Walaupun kedua perkampungan tersebut tidak memiliki lahan kosong, karena sudah padat dengan rumah penduduk, terpaksa lomba digelar di tepi jalan raya. Jalan Pahlawan 2 karena separuh jalan digunakan untuk lomba, maka selama lomba berlangsung, para pengguna jalan yang melintas di area tersebut harus bersabar. Namun arus jalan tetap lancar, karena para panitia telah memberi rambu-rambu dan menjaga serta mengatur agar arus jalan tetap lancar.

Lomba Agustusan memang pestanya semua warga, mulai dari anak-anak. remaja, bapak-bapak, bahkan ibu-ibu. Seperti di RT 2 RW 1 Langenharjo diadakan lomba memasang caping, pecah air, estafet air, tangkap ikan, dan jalan sehat. Sedangkan di RW 3 Langenharjo diadakan jalan sehat, lomba mancing dan tangkap ikan, tarik tambang dan lain-lain.

Erna Ibnu Darmawan dari RT 2/1 Kendal mengatakan, lomba Agustusan dibuat supaya semua warga ikut merayakan, sehingga ada lomba untuk ibu-ibu dan remaja putri. “Selain lomba pecar air, juga ada lomba estafet air atau membawa air dengan piring supaya tidak tumpah,”katanya.

Di RW 3 Langenharjo yang melibatkan RT 1, 2, 3 lomba mancing dibuat menjadi lebih seru. Lomba mancing yang digelar sekitar satu jam, diakhiri dengan lomba tangkap ikan. “Supaya lebih seru, setelah lomba mancing waktunya habis, langsung turun ke sungai menangkap ikan beramai-ramai,”kata Ketua RW 3, Pak Gembong.

BAGIKAN