APBD Perubahan Kendal 2016 segera Ditetapkan

0
338

Akibat ditundanya pencairan DAU 2016, penetapan RAPBD Perubahan mengalami beberapa kali penundaan. Pasalnya, TPAD harus melakukan restrukturisasi anggaran yang sudah disepakati dalam KUA-PPAS. Menurut Rubiyanto, tidak mudah untuk menyelaraskan besarnya DAU tersebu dengan pengurangan anggaran pada semua SKPD. “Untuk merubah kembali atau mencari angka-angka supaya  jumlahnya pas itu sulit, karena jumlahnya cukup besar,”katanya.

Rubiyanto mengatakan, adanya penundaan DAU, otomatis harus melakukan pemotongan atau pencoretan program-program yang sudah dibuat. Kesulitannya tidak hanya mencoret program yang kurang urgen, tapi angka-angkanya juga harus pas. “Kalau sekedar mencoret program-program yang dianggap tidak terlalu penting itu sih mudah, tapi kan harus pas. Inilah penyebab TAPD harus rapat berkali-kali,”jelasnya.

Pembahasan yang dilakukan TAPD akhirnya selesai. Rubiyanto mengatakan, pihak dewan sudah menerima materi yang telas selesai dibahas oleh TAPD. Badan Musyawarah DPRD Kendal juga sudah menjadwalkan kembali rapat-rapat terkait pembahasan RAPBD Perubahan. Rancangan APBD Perubahan Kab Kendal tahun 2016 ditargetkan bisa ditetapkan pekan depan. “Materi dari TAPD sudah diterima pada Selasa 13 September lalu, Bamus juga sudah menyusun jadwal rapat-rapat untuk pembahasan,”katanya.

Dikatakan, Badan Anggaran akan membahas materi RAPBD Perubahan tersebut pada Senin 19 September mendatang. Pembahasan nanti terkait restrukturisasi RAPBD Perubahan. Setelah RAPBD Perubahan dibahas oleh Badan Anggaran, selanjurnya akan diserahkan ke komisi-komisi untuk memperdalam pembahasan RAPBD Perubahan tersebut. Setelah itu, Badan Anggaran akan melakukan sinkronisasi materi yang telah dibahas oleh komisi-komisi. “Setelah pembahasan semua selesai, ditargetkan pada Jumat 23 September akan dilakukan rapat paripurna penetapan RAPBD Perubahan 2016,”ujarnya.