Desa Sukolilan Dipersiapkan Jadi Pusat Kerajinan Kerang

0
743

Desa Sukolilan Kec Patebon ingin dijadikan sentra kerajinan, khususnya kerajinan dari cangkang kerang. Keinginan ini disampaikan oleh Arisandi saat memberikan pelatihan kepada warga setempat Kamis (13/10/2016) di rumahnya di RT 6 RW 1 Desa Sukolilan. Arisandi yang menggeluti usaha kerajinan, termasuk kerajinan dari cangkang kerang memberikan pelatihan membuat berbagai macam kerajinan, di antaranya membuat kotak tisu kerang, lampu kerang, bola lampu dan gantungan kunci.

Pelatihan yang diikuti 30 peserta, terdiri-dari pemuda dan ibu-ibu rumah tangga diadakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kendal bersama kelompok pemuda Desa Sukolilan. Pelatihan dilakukan selama 5 hari, mulai Kamis (13/10/2016). Arisandi mengatakan, setelah pelatihan ini akan dibentuk kelompok dari para peserta untuk bersama-sama mengembangkan usaha kerajinan. Terkait dengan pemasaran, nantinya akan dilakukan pemasaran melalui satu pintu yaitu kelompok yang akan dibentuk nanti. “Dari semua peserta ini akan dijadikan satu kelompok. Masing-masing akan membuat kerajinan sendiri-sendiri di rumah, kemudian hasilnya akan ditampung di sini untuk dipasarkan, baik langsung maupun secara online,”jelasnya.

Arisandi mengatakan, walaupun produknya berbagai macam kerajinan, namun produk yang dari cangkang kerang akan dijadikan sebagai produk unggulan. Untuk itu nantinya di desa ini akan diunggulkan sebagai sentra kerajinan kerang. Pasalnya bahan baku cangkang kerang mudah didapat dan hasil produknya bernilai tinggi. Selain itu, dari pihak Dinas Koperasi dan UMKM bersama pihak lain juga mendukung.

Seorang peserta, Maslahah mengatakan, setelah pelatihan selesai akan mencoba membuat kerajinan seperti yang sudah diajarkan. Mengenai pemasaran, Maslahah berharap agar ada yang membantu, apalagi jika hasil kerajinan dari kelompok ini akan ditampung untuk dipasarkan. “Memang kendalanya pada pemasaran, maka jika nanti akan ditampung ya malah senang,”katanya.