Paguyuban Barbershop Kendal Gelar Potong Rambut Gratis bagi Anak Yatim

0
304

Beramal tidak mesti dengan uang, tapi bisa juga dengan tenaga atau keahliannya. Seperti yang dilakukan oleh Paguyuban Barber Kendal, melakukan kegiatan amal dengan keahliannya sebagai tukang potong rambut. Dengan memanfaatkan keramaian pada Minggu (30/10) pagi di Jalan Laut Kendal, enam orang anggota Paguyuban Barber Kendal menggelar potong gratis bagi anak yatim dan dhuafa serta orang umum dengan bayar seikhlasnya.

Mereka dari Paguyuban Barber Kendal adalah Bayu, Mas Din, Eko, Indra, Ayu dan Desi. Kegiatan potong rambut gratis ini dilakukan bersama Gerak Peduli Kendal. Ketua Paguyuban Barber Kendal, Bayu mengatakan, melakukan kegiatan ini karena ingin beramal saja dengan keahlian yang dimiliki yaitu memotong rambut. “Anggota kami sementara ada 10 orang, tapi kali ini hanya enam yang ikut, karena anggota lainnya ada kesibukan,”katanya.

Bayu yang membuka Barber di Kaliwungu mengatakan, paguyunan ini baru sekitar dua bulan terbentuk, namun kegiatan amal seperti ini sudah dilakukan beberapa kali. Rencananya akan dilakukan dua minggu sekali atau jika ada event-event tertentu. “Kami siap sewaktu-waktu jika ada permintaan,”ujarnya.

Hadi dari GPK mengatakan, pernah bekerja sama dengan Paguyuban Barber ini ketika acara Syuronan bersama anak-anak yatim. Kegiatan Syuronan merupakan tradisi setiap bulan Syuro, yaitu memberikan santunan kepada anak-anak yatim. “Pada Syuronan lalu, selain memberikan santunan berupa uang dan makan-makan, juga ada potong gratis,”kata Hadi.

Anton, warga Kendal Kota melihat kegiatan ini sangat bagus. Walau hanya digelar mulai pukul 6-9 pagi tapi banyak yang mendapat respon. Ada sekitar 30 anak yang ikut potong rambut. ” Kalau boleh Saya sarankan, kegiatan amal ini bisa ke panti-panti asuhan,”sarannya.