Anggota DPR RI Fadholi Sosialisasi Program Bantuan Pertanian di Kab Kendal

1
331

Kondisi infrastruktur jalan produksi pertanian dan irigasi di Kab Kendal masih butuh penanganan. Hal ini disampaikan anggota Komisi IV DPR RI, Drs. H. Fadholi berdasarkan pantauan saat reses ke desa-desa di Kab Kendal Selasa (01/11). Selain melihat langsung kondisi di lapangan, anggota DPR RI dari Dapil 1 Jateng itu juga menerima laporan dari masyarakat petani. “Untuk perbaikan keseluruhan diperlukan dana sekitar Rp 3 triliun, “katanya.

Fadholi yang anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem itu akan mengusahakan bantuan perbaikan infrastruktur tersebut ke pusat. Fadholi mengatakan, pada reses tanggal 29 Oktober – 15 November mendatang akan bertemu para petani di 9 desa dari tiga kecamatan, yaitu Kec Boja, Limbangan, Kaliwungu dan Kendal. Reses ini dalam rangka serap aspirasi dari masyarakat untuk sosialisasi program tahun 2017. “Selain perbaikan infrastruktur, juga bagi para petani perlu ada pelatihan dan bantuan teknologi alat pertanian,”ujarnya.

Seperti disampaikan Kepala Desa Korowelang Kulon, Triyono, jalan poros desa yang menghubungkan antara Desa Korowelang Kulon dengan Kalirandugede Kec Cepiring kondisinya masih rusak. Jalan tersebut dilalui para petani tambak, namun karena kondisinya rusak parah, sehingga sulit dilalui, sehingga saat mengangkut hasil panen, terpaksa lewat laut. Padahal resikonya banyak ikan yang tumpah jika ombak lautnya besar.

Kades Triyono mengatakan, jalan sepanjang sekitar 2,4 kilometer tersebut belum bisa dilakukan perbaikan dengan Dana Desa, sebab memerlukan anggaran yang cukup besar. Jalan tersebut pada tahun 2012 pernah dilakukan perbaikan dengan dana bantuan dari Provinsi Jateng sebesar Rp 2,9 miliar, namun hanya menggunakan pasir dan batu. “Dana Desa tahun ini hanya Rp 600 juta, sementara untuk perbaikan jalan desa yang lebih mendesak juga masih kurang,”ujarnya

Demikian pula Kades Kalirandugede, Musikan mengatakan, perbaikan jalan tersebut sangat diperlukan bagi petani tambak dan petani lainnya. Untuk itu kedua kades tersebut saat bertemu dengan anggota Komisi IV DPR RI dari Dapil 1 Jateng, Drs Fadholi, meminta agar bisa mengusahakan bantuan dari pusat untuk perbaikan jalan tersebut. “Mumpung ada anggota DPR pusat reses serap aspirasi, makanya kami meminta bantuan agar bisa mengusahakan bantuan ke pusat,”harapnya.