JELANG NATAL DAN TAHUN BARU, HARGA KEBUTUHAN POKOK NAIK

0
299

Menjelang Natal 2016 dan tahun baru 2017, harga sembako di sejumlah pasar tradisional di Kendal, sejak sepekan terakhir mengalami kenaikan. Kenaikannya berkisar antara seribu hingga dua ribu rupiah. Minyak goreng curah, yang semula Rp 11 ribu, kini dijual dengan harga Rp 12 ribu. Sedangkan harga minyak kemasan, yang semula perkilo gramnya Rp 13 ribu, kini naik menjadi Rp15 ribu.

Harga telor jika sebelumnya perkilo gramnya dijual dengan harga Rp 20 ribu, kini  dijual dengan harga Rp 24 ribu, atau naik Rp 4 ribu perkilo gramnya. Sementara, gula pasir dari yang semula harga perkilo gramnya Rp 13 ribu, sekarang naik menjadi Rp 15 ribu. Sedangkan untuk tepung terigu, dari yang semula harga perkilo gramnya Rp 6 ribu, sekarang juga naik menjadi Rp 7 ribu.

Kristina (55) pedagang sembako, warga Ngilir Kecamatan, Kendal mengatakan, walaupun rata-rata mengalami kenaikan, tapi ada juga yang harganya tetap stabil, bahkan ada yang turun.  Seperti harga bawang putih jenis kating yang sebelumnya harga perkilo gramnya Rp 40 ribu, tidak mengalami kenaikan atau stabil. Sedangkan bawang merah yang semula harga perkilo gramnya Rp 35 ribu, sekarang justru turun drastis menjadi Rp 23 ribu. Harga bawang merah ini  sebelumnya  sempat tembus Rp 40 perkilo gramnya.

“Sekarang pasokan bawang merah melimpah, karena disejumlah daerah mulai pada panen,sehingga harga turun,”kata Kristina.

Kristina mengatakan, sebetulnya, pasokan barang dari pemasok tidak mengalami kendala dan biasa saja. Namun karena suatu kebiasaan dan siklus tahunan menjelang natal dan tahun baru, harga segala kebutuhan rumah tangga naik, kecuali harga bawang merah yang stoknya melimpah. Bahkan ada kemungkinan harga sembako ini akan terus naik hingga tahun baru mendatang.