Rumah Kreatif Film Kendal Belajar Jadi Tukang Film

0
298

Rumah Kreatif Film Kendal  (RKFK) mengadakan  kegiatan bertema  Njajal dadi Tukang Film (Nyoba jadi Tukang Film). Kegiatan yang digelar di Balai Kesenian Remaja (BKR) belakang GOR Bahurekso Kendal Sabtu (14/1/2017) malam ini diperuntukkan bagi siapa saja yang  ingin belajar tentang produksi film. Pembina RKFK, Ulinuha mengatakan, untuk materi kali ini tentang Teknik PenulisanNaskah. “Kegiatan ini kelanjutan dari kegiatan yang diadakan bulan-bulan sebelumnya untuk menambah pengetahuan dan keterampilan tentang produksi film,”katanya.

Dikatakan, materi pada kegiatan bulan-bulan sebelumnya yaitu tentang belajar akting, penyutradaraan teknik pengambilan gambar atau kameramen. Setiap kegiatan mengundang orang-orang dari luar yang sudah berpengalaman. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. “Kali ini mengundang dari Komunitas Laike.Cinema Yogyakarta,”ujarnya.

Ketua RKFK, Arfi Cahya Fetrianto menambahkan, kegiatan bukan hanya bulanan, tapi tiap minggu juga mengadakan  kegiatan seperti pemutaran film, bedah film, atau membahas program ke depan. RKFK ini terbuka untuk umum yang ingin belajar bersama tentang film. “Kami terbuka bagi siapa saja untuk bersama-sama memajukan film di Kendal,”ujarnya.

Panji dan Gading dari Komunitas Laike.Cinema adalah mahasiswa Fakultas Seni Media Rekam, jurusan TV dan Film diundang untuk memberikan materi tentang Teknik Penulisan Naskah. Panji mengatakan, teknik penulisan naskah film itu tiap orang berbeda-beda. Namun bentuk naskah film secara umum itu sama. “Kami di sini hanya menyampaikan teknik menulis naskah yang biasa dilakukan. Jadi di sini hanya sharing dan berbagi pengalaman,”katanya.

Gading menambahkan, bahwa penulisan naskah itu tidak hanya menulis dialog, tapi harus lengkap tentang gambaran secara keseluruhan, seperti gambaran situasi dan kondisi tempat kejadian. “Memang harus lengkap, supaya bisa dipahami oleh pemain maupun kameramen,”jelasnya.