Penetapan H. Mastur sebagai Wakil Ketua Dewan Ditunda

0
356
Penetapan H. Mastur Samlawi dari Fraksi PPP menjadi Wakil Ketua DPRD Kendal menggantikan alm. Taufiqullah yang sedianya dilakukan pada Rapat Paripurna DPRD Kendal Jumat (17/1/2017) terpaksa ditunda. Pasalnya, kehadiran anggota dewan tidak memenuhi kuorum, sehingga rapat paripurna dibatalkan. Dari 44 anggota DPRD Kendal, yang hadir hanya 19 orang atau kurang dari dua pertiga dari anggota anggota dewan keseluruhan.

Rapat paripurna sedianya dimulai pk 9.00 WIB, namun ditunggu hingga pk 11.00, ternyata kehadiran anggota dewan belum memenuhi kuorum. Mengingat hari Jumat, karena harus melaksanakan solat Jumat, maka  H. Sakdullah, selaku pimpinan sidang akhirnya menawarkan kepada anggota dewan yang hadir agar rapat ditunda, dan semua setuju rapat ditunda. “Sesuai ketentuan Tata Tertib, rapat bisa dilanjutkan jika kehadirannya 2/3 dari jumlah keseluruhan anggota, untuk itu rapat ditunda karena yang hadir kurang dari 2/3 atau minimal 33 anggota,”ucapnya.

Sementara itu, anggota Fraksi PPP, Maberur menambahkan, rapat paripurna ditunda juga karena Fraksi PPP belum menetapkan anggota pengganti antar waktu (PAW) yang menggantikan alm Taufiqullah. Seharusnya, PAW anggota fraksi terlebih dulu dilakukan, kemudian baru menetapkan pengganti wakil ketua dewan. Menurutnya, jika Mastur Samlawi yang sekarang duduk di Komisi  D harus keluar dari Komisi D, maka Komisi  D anggotanya menjadi berkurang. Padahal, selagi anggota Komisi jumlahnya kurang, maka tidak bisa bekerja. “Kapan rapat paripurna dilaksanakan lagi, nanti menunggu hadil rapat Badan Musyawarah,”katanya.

Terkait dengan anggota PAW, Mastur mengatakan, masih proses pengajuan. Namun nama yang diajukan adalah sesuai nomor urut perolehan suara terbesar ketika pemilihan legislatif lalu. Prosedurnya, nama yang perolehan suara tersbesar diajukan ke DPC PPP untuk mendapatkan rekomendasi. Selanjutnya dari DPC PPP melakukan koordinasi dengan DPW PPP. “Setelah surat rekomendasi dari DPC turun, selanjutnya diajukan ke KPU,”jelasnya.