Pemkab Kendal Pantau Baliho-baliho di Pantura

0
323

Seringnya hujan disertai angin kencang rawan terhadap baliho-baliho yang berada di wilayah Kendal. Seperti peristiwa robohnya baliho yang terjadi Selasa (7/2/2017) di Jalan Pemuda Kendal. Untuk itu Pemkab Kendal langsung bertindak dengan menginventarisir papan reklame ukuran besar yang berada di jalur Pantura Kendal. Hal itu sebagai upaya pencegahan terjadinya baliho roboh yang bisa menimbulkan musibah.

Petugas gabungan yang terdiri atas Dinas Komunikasi dan Informatika, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, dan Badan Penanggulangan Bencana melakukan inventarisir baliho yang rawan roboh. Kepala Dinas Kominfo Kendal, Muryono, mengatakan, baliho-baliho yang roboh memang mengkhawatirkan bagi masyarakat. Kondisi angin hujan dan angin kencang yang terjadi akhir-akhir ini tidak menutup kemungkinan menyebabkan baliho tumbang dan menimpa warga. ”Sejumlah baliho roboh akibat angin kencang yang terjadi beberapa hari lalu, seperti di Taman Kota Weleri dan Ungup-ungup” tutur dia.

Menurut dia, untuk mengantisipasi baliho roboh, maka pemasangan tiang baliho harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Misalnya tentang kedalaman tiang pancang yang harus ditanam, diameter, dan ketebalan tiang pancang. Selain itu kesesuaian antara tinggi tiang dan lebar baliho. ”Semua tentu sudah ada ketentuannya susuai standar keamanannya,” terangnya.