Pelanggan PLN 900 What dari Warga Mampu Tidak Dapat Subsidi

0
389

Pelanggan listrik PLN yang menggunakan daya 900 What dari keluarga mampu mulai ditarik subisidinya. Dengan demikian, tarifnya akan disamakan dengan pelanggan 1300 What. Sedangkan pelanggan PLN 900 What dari keluarga tidak mampu, tetap mendapatkan subsidi. Hal sesuai kebijakan pemerintah yang meniadakan subsidi bagi pelanggan listrik PLN 900 What bagi warga mampu.

Kepala PLN Rayon Kendal, Alaudin mengatakan, peniadaan subsidi bagi pelanggan 900 What dari warga mampu tersebut dilakukan secara bertahap, mulai Januari hingga Juni 2017.  Dengan demikian, dalam kurun waktu selama 6 bulan ke depan, yang dimulai Januari 2017, subsidi bagi pelanggan 900 What dari keluarga mampu, jumlahnya akan berkurang. “Pengurangan pelanggan bersubsidi ini akan dilakukan dalam tiga tahap hingga bulan Juni nanti,”katanya.

Dikatakan, tarif bagi pelanggan 900 What bersubsidi saat ini Rp 605 per KWH, sedangkan tarif pelanggan 1300 What saat ini Rp 1400 per KHW. Alaudin menambahkan, sebenarnya tidak ada kenaikan tarif, pasalnya, berubahnya tarif listrik disesuaikan dengan fluktuasi mata uang, harga minyak bumi dan inflasi. “Perubahan tarif itu tidak dilakukan oleh PLN, tapi dilakukan oleh pemerintah,”jelasnya.

Alaudin menambahkan, jika ada warga tidak mampu pelanggan PLN 900 What , namun ternyata tidak mendapatkan subsisi, maka bisa mengajukan supaya mendapatkan subsidi. Prosedur pengajuannya harus melalui RT dan desa/kelurahan terlebih dahulu. “Silahkan saja mengajukan, karena bagi warga tidak mampu itu merupakan haknya,”ujarnya.