Tong Sampah dan Tempat Pembuangan Sampah Sementara di Kendal akan Diganti dan Diperbaiki

0
705

Tong-tong dan tempat-tempat penampungan sampah sementara di beberapa lokasi yang rusak dan hilang di Kota Kendal akan segera diganti. Tong-tong sampah yang rusak dan hilang di antaranya di Alun-alun Kendal dan taman-taman kota lainnya. Sedangkan tempat-tempat penampungan sampah sementara yang ada banyak yang kondisinya rusak dan tidak representatif, sehingga harus diperbaiki.

Kabid Pengelolaan Persampahan Taman dan Limbah B3 pada Dinas Lingkungan Hidup Kendal, Nung Tubeno mengatakan, saat ini sudah melakukan pendataan atau inventarisasi tempat penampungan sampah sementara dan tong-tong sampah yang rusak atau hilang. Dalan waktu dekat tong-tong sampah tersebut akan segera diganti yang baru, sedangkan tempat penampungan sampah sementara akan segera diperbaiki. “Untuk tong sampah jumlahnya puluham sedangkan tempat penampungan sampah sementara ada sekitar 40 yang akan diperbaiki,”katanya.
Sementara itu, untuk TPA Darupono yang kondisinya sudah terlalu over, rencananya akan ditutup. Sebagai gantinya, akan dibangun TPA yang modern di wilayah perbatasan Darupono yang berada di sebelah selatan TPA sekarang. Nung Tubeno mengatakan, untuk lahan pengganti TPA tersebut sudah disediakan seluas 5 hektar. Dana untuk pembangunan TPA modern tersebut akan dimintakan ke pemerintah pusat. Saat ini sudah mulai proses pengajuan anggaran ke pusat. “Targetnya di tahun 2018 mendatang, pembangunan TPA baru tersebut sudah selesai,”kata Nung Tubeno.
Ketua Paguyuban Bank Sampah Kendal, Nunu Sarah Zaenubia mengatakan, persoalan sampah tidak akan selesai, jika masyarakat tidak ikut terlibat. Pasalnya, sampah rumah tangga inilah yang jumlahnya paling banyak. Untuk itu, solusi yang paling terpat untuk mengatasi sampah adalah mendirikan bank sampah di setiap desa, supaya tiap-tiap desa bisa mengelola sampah sendiri-sendiri. “Kalau tidp desa ada bank sampah, kan sampah bisa dikelola dengan didaur ulang untuk membuat pupuk kompos atau barang-barang kerajinan,”jelasnya.