19 Guru SMK di Jateng Ikuti Pelatihan Keahlian

0
224

SMK Negeri 4 Kendal dipercaya Balai Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (BP4TK) mengadakan  pelatihan ganda yang terdiri atas sertifikasi pendidik dan sertifikasi keahlian. Pelatihan ini hanya diikuti 19 orang guru SMK yang dari berbagai kabupaten/kota di Jateng. Mereka akan menempuh pelatihan selama dua bulan dengan instruktur dari SMK 4 Kendal. Kegiatan dibuka Kepala Balai P4TK Jateng Sulistyo di SMK 4 Kendal, Senin (20/3/2017).

Sulistyo mengatakan, pelatihan keahlian ganda merupakan program pemerintah pusat bekerja sama dengan Kegiatan Pusat Belajar. Pemerintah berharap anak-anak SMK yang lulus supaya bisa mempunyai kompetensi sesuai dengan ilmunya. Untuk itu seorang guru harus benar-benar kompeten atau memiliki keahlian di bidangnya. Sebagai guru akan disertifikasi menjadi tenaga pendidik dan sebagai pekerja disertifikasi keahlian melalui lembaga sertifikasi profesi. “Kepada peserta diharapkan bisa mengikuti pelatihan dengan baik dan menyerap apa yang disampaikan oleh instruktur, sebagai bekal mereka mngajar kepada anak didiknya,”harapnya.

Kepala SMK 4 Kendal, Kusdarmanto, mengatakan, peserta merupakan guru SMK dari berbagai kabupaten/kota di Jateng seperti Purbalingga, Pekalongan, Purworejo, dan Kendal. Untuk Kendal mengirimkan dua peserta pelatihan. ”Jumlah peserta dimksimalkan 19 orang supaya efisien dan efektif dalam proses pelatihannya,” terangnya.

Materi pelatihan khusus bidang perikanan, sehingga peserta juga akan melakukan kunjungan industri perikanan. Peserta yang lulus pelatihan, akan mendapatkan sertifikasi keahlian di bidang perikanan. ”Setelah lulus dari pelatihan ini, peserta akan mengajar sesuai dengan keahlian di bidang perikanan tersebut,”ujarnya.

BAGIKAN