Pelajar SMPIT Robbani Kendal Tanam Mangrove di Pulau Tiban

0
1013

Sebanyak 100 siswa SMP Islam Terpadu Robbani Kendal mengikuti kegiatan konservasi penanaman mangrove dan kunjungan ilmiah di Pulau Tiban Desa Kartika Jaya Kecamatan Patebon Selasa (21/3/2017). Selain penanaman mangrove, anak-anak juga dikenalkan tentang vegetasi dan ekosistem di Pulau Tiban, sekaligus mengenalkan wisata di kabupaten Kendal.

Ahmad Syaifudin sebagai pemandu kegiatan mengatakan, kegiatan ini sebaga sarana supaya anak-anak mencintai cinta alam. Dikatakan, melalui Pulai Tiban, anak-anak bisa belajar mengenal ekosistem, melihat kerusakan lingkungan, kemudian diajarkan strategi penanggulangannya, yang salah satunya dengan nanam mangrove. Selain itu juga mengenalkan potensi wisata Kendal. “Ini adalah belajar di luar kelas  atau kegiatan outing class supaya anak-anak bisa belajar langsung, sekaligus refreshing,”katanya.

Syaifudin mengatakan, selain menanam, outbound dunia learning, mengenalkan potensi wisata, dan potensi kewirausahaan, seperti pemanfaatan mangrove untuk produk makanan, pemanfaatan biji cemara laut untuk kerajinan tangan. “Mengenalkan potensi ekonomi dari mangrove sebagai produk olahan makanan, seperti kerupuk dan lainnya,”jelasnya.

Bilqis Ilmi Najma Najaty, siswa kelas 7 SMPIT Robbani  mengatakan, kegiatan ini sangat mengesankan dan menyenangkan. Selain dikenalkan tentang ekosistem di Pulau Tiban, kegiatan ini juga mengajarkan kita sebagai siswa untuk cinta terhadap lingkungan dengan menjaga dan melestarikan apa yang sudah Allah ciptakan untuk manusia.  “Kalau perlu diagendakan setiap tahun ke sini, karena yang paling mengesankan menurut saya adalah ketika menanam mangrove. Nanti akan saya tengok sebulan lagi, apakah mangrove yang saya tanam sudah tumbuh dengan baik atau belum,”ujarnya.

BAGIKAN