Kendal Raih 4 Piala Pesta Siaga Tingkat Binwil Semarang

Kendal jadi juara Pesta Siaga tingkat Binwil Semarang 2017

0
1736

Kab Kendal memborong 4 piala pada Pesta Siaga tingkat Binwil Semarang yang berakhir Minggu (26/3/2017) silam di Alun-alun kawasan Pemkab Kendal. Pesta Siaga tingkat Binwil Semarang ini diikuti 6 kabupaten-kota, yaitu Kab Kendal, Kab Demak, Kab Grobogan, Kab Semarang, Kota Semarang dan Kota Salatiga. Masing-masing kabupaten-kota mengirimkan 3 barung putra dan 3 barung putri. Adapun Piala yang diraih Kendal yaitu, juara 2 dan juara harapan 3 untuk kelompok Barung Putri, sedangkan kelompok Barung Putra, meraih juara 1 dan juara 2.

Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Kab Kendal, Dwianto mengatakan, bagi juara 1-3 barung putra dan putri akan maju ke Pesta Siaga tingkat Provinsi Jateng yang akan digelar tanggal 15 April mendatang. “Dengan persiapan yang matang ya harapannya di tingkat provinsi nanti bisa menjadi juara,”harapnya.

Seksi Kegiatan, Tri Kisbandiyah mengatakan, kegiatan Pesta Siaga ini terdiri dari 17 macam kegiatan yang disebut dengan Taman. Ke-17s Taman tersebut yaitu Taman Ketaqwaan, Taman Keimanan dan Toleransi, Taman Bersudara, Taman Kepribadian 1, Taman Kepribadian 2 / Atribut, Taman Pengetahuan Umum, Taman Daya Ingat Bentuk/Warna, Taman Serupa tapi tak sama, Taman Tali-temali, Taman Kompas, Taman PBB, Taman Lempar Kolong, Taman Pentas Seni, Taman Tanah Airku Indonesia, Taman Bumbung Kemanusiaan, Taman Kebersihan, dan Taman Administrasi. “Di tiap-tiap Taman ini, para peserta menunjukkan kemampuannya untuk dinilai oleh para juri,”katanya.

Bupati Kendal dr Mirna Annisa dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Masrur Masykur selaku inspektur upacara mengatakan, bahwa banyak manfaat yang didapatkan dakam kegiatan Pesta Siaga. Manfaatnya yaitu peserta bisa saling mengukur dan membandingkan sejauh mana keterampilan, wawasan dan pengetahuan kepramukaan yang telah  dikuasai.Selain itu, dalam setiap lomba juga terkandung makna kebersamaan, persaudaraan dan kepemimpinan.

Bupati Mirna juga mengatakan, para peserta bisa saling bercerita dan berbagi pengalaman. Dari cerita tersebut, mereka bisa mengetahui keadaan saudaranya yang di daerah lain, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan rasa senasib sepenanggungan dan persaudaraan antar sesama, sekaligus mempererat tali silaturahmi dengan peserta lainnya.

Bupati Mirna berpesan, agar para peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik, ceria, gembira dan penuh suka cita, serta untuk menambah teman dan sahabat baru, bukan untuk menambah permusuhan, karena pada dasarnya semuanya adalah saudara. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dengan ikhlas, karena tugas-tugas tersebut akan memberikan manfaat bagi semua di masa depan. Pada hahekatnya, anak-anak ini diharapkan menjadi generasi muda yang meriman, bertaqwa, berprestasi,disiplin dan mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap kelangsungan hisup bangsa dan negara.

Kendal mengirimkan tiga barung putra dan tiga barung putri, yang merupakan juara 1, 2 dan 3 Pesta Siaga tingkat Kab Kendal. Barung Putra yaitu dari SD Cening Singorojo, SD Brangsong dan SD Weleri, sedangkan Barung Putri yaitu dari SD Brangsong, SD Pageruyung, dan SD Cening Singorojo.