Dinas Lingkungan Hidup Kendal Lakukan Penghijauan di Lahan Berm

Penanaman pohon di tanah berem Kec Gemuh 2017

0
1036
Dinas Lingkungan Hidup Kendal melakukan penanaman pohon di lahan berm di sepanjang Jalan Kabupaten Gemuh-Cepiring, Jumat (9/6/2017) pagi. Penanaman pohon ini dilakukan bersama Pemerintah Kecamatan Gemuh, UPTD PURP Wilayah 2, Koramil dan Polsek Kecamatan Gemuh.

Kasi Pemeliharaan pada Dinas Lingkungan Hidup, Anung Dwikorawan, mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini untuk pemeliharaan tanah berm dan utilitas jalan berwawasan lingkungan pada ruas jalan kabupaten di wilayah II Weleri. Tujuannya untuk membuat lingkungan berm jalan menjadi lebih hijau dan berwawasan lingkungan. “Tujuannya untuk penghijauan dipinggir jalan,”katanya.
Anung mengatakan, kegiatan penghijauan ini tidak hanya di wilayah Kec Gemuh, tapi juga di wilayah lainnya. Untuk Kec Gemuh disediakan sebanyak 500 bibit mahoni, sedangkan di tempat lain ada 1.750 bibit pohon mahoni yang akan ditanam di wilayah UPTD PUPR Wilayah II Weleri. “Kalau semua wilayah UPTD di Kendal, totalnya ada 3.500 bibit pohon mahoni. Lainnya, kami juga melakkukan pengecatan pohon-pohon, sehingga tidak membahayakan bagi pengguna jalan pada malam hari. Kegiatan ini juga untuk mendukung program adipura kabupaten,”katanya.
Kapolsek Gemuh, AKP Agustanto, mengatakan, keberadaan pohon mahoni yang berada tanah berm sepanjang jalan tidak hanya membawa kesejukan, tapi juga keamanan. Pasalnya, pohon-pohon yang tumbuh di tepi jalan itu akan terlihat batas jalan dan sawah, kebun dan lainya. Sehingga masyarakat akan tahu bahwa jalan dibatasi dengan pohon-pohonan. “Program ini bagus sekali, karena manfaatnya banyak,”katanya.
Kasi Transtib Kecamatan Gemuh, mengatakan melalui program penghijauan ini, tanah-tanah yang terbengkalai dab banyak ditumbuhi semak belukar akan tampak tertata dengan baik. Penghijauan ini akan menambah keindahan dan kebersihan. “Makanya pihak Kecamatan Gemuh terus melakukan penghijauan di wilayah sini,” kata dia.