Pasar Kembang Weleri Ramai Dikunjungi

Pasar Kembang Weleri 2017

0
1904

Masyarakat Weleri dan sekitarnya meramaikan tradisi Pasar Kembang  Sabtu (24/6/2017) pagi di kawasan Pasar Weleri. Seperti sudah ditunggu-tunggu, baik kaum perempuan atau ibu-ibu maupun kaum lelaki atau bapak-bapak dan anak-anak banyak yang mendatangi Pasar Kembang. Para pedagang bunga atau kembang yang jumlahnya puluhan diberi tempat di halaman pasar. Selain bunga tabur yang akan digunakan untuk ke makam, banyak pula dijual bunga tangkai yang akan dipasang untuk memperindah di ruang tamu.

Para pedagang bunga tangkai, hampir semuanya dari daerah Bandungan Ambarawa, pusatnya perkebunan bunga, seperti bunga crysant dan sedap malam. Seperti dikatakan Pak Ngardi yang sudah sejak dulu selalu berjualan bunga saat ada Pasar Kembang di Weleri. Ia datang bersama saudara dan teman-temannya berjualan bunga tangkai. “Lupa tahun berapa, pokoknya sebelum pasar ini dibangun, Saya selalu jualan bunga kalau ada Pasar Kembang,”katanya.

Dengan dipusatkannya para pedagang bunga di halaman pasar, kemacetan jalan raya depan pasar tidak terjadi. Berbeda dengan tahun lalu, para pedagang bunga menyebar di trotoar jalan, sehingga jalan tidak bisa dilalui kendaraan, karena dipenuhi warga. Walaupun terlihat kurang ramai, namun menurut Pak Ngardi, Pasar Kembang kali ini lebih ramai dari tahun kemarin. Jenis bunga yang dijual semuanya sama, di antaranya bunga crysant dan sedap malam. Ada yang dijual per tangkai dan ada pula yang dijual berupa rangkaian bunga. Harganya tergantung jenis bunganya, tapi untuk bunga yang sudah dirangkai rata-rata Rp 20 ribu per ikat. “Saya jualan sejak kemarin, alhamdulillah ramai,”katanya.

 

Tradisi tiap tahun sekali, yaitu sehari sebelum Lebaran

BAGIKAN