Kapal di Pelabuhan Kendal mulai Angkut Penumpang Balik Lebaran ke Kumai Kalimantan

Penumpang balik Lebaran di Pelabuhan Kendal 2017

0
1603

Gara-gara nahkoda terjebak macet dalam perjalanan dari Semarang ke Kendal, keberangkatan Kapal Kalibodri dari Pelabuhan Tanjung Kendal yang membawa penumpang balik ke Kumai Kalimantan Tengah Sabtu (01/06/2017) tertunda sekitar satu jam. Kapal yang sedianya berangkat pukul 10 siang, namun nahkoda yang membawa surat izin berlayar dari Semarang baru sampai di Pelabuhan sekitar pukul 11 siang, karena terjabak macet arus balik.

Kepala Pelabuhan Tanjung Kendal, Andy Rahmat mengatakan, bahwa keberangkatan kapal tinggal menunggu nahkoda yang masih dalam perjalanan ke Kendal. Semuanya sudah siap, baik penumpang maupun barang-barang yang akan diangkut. Selain penumpang, kapal juga membawa 3 truk besar, 2 truk kecil, 3 mobil dan 10 sepeda motor.  “Sebentar lagi kapal berangkat, tinggal nunggu nahkoda yang sudah dalam perjalanan ke sini,”katanya.

Andy mengatakan, kapal balik Lebaran tujuan ke Kumai Kalimantan Tengah dijadwalkan tiga kali rute, yaitu tanggal 1, 4 dan 8 Juli 2017. Pada pemberangkatan penumpang balik Lebaran yang perdana ini hanya memuat 80 penumpang. Sedangkan kapal tujuan Karimunjawa sudah mulai membawa penumpang balik Lebaran sejak Jumat (30/6/2017). Jadwal kapal ke Karimunjawa seminggu hanya sekali tiap hari Jumat. “Hari ini penumpangnya tidak banyak. Kemungkinan puncaknya pada tanggal 4 dan 8 Juli nanti,”katanya.

Penumpang kapal dari Pelabuhan Tanjung Kendal sebagian besar bukan dari Kendal, melainkan dari daerah lain, seperti Banjarnegara dan Wonosobo. Seperti Miskiyah dan anaknya bernama Fitrian Mustava bersama rombongan yang berjumlah 17 orang berasal dari Wonosobo. Mereka sebenarnya sudah datang di pelabuhan sejak pukul 5 pagi. Sebagian besar penumpang yang menunggu kapal berangkat tampal tidur di kursi-kursi tunggu. “Saya dan anak saya kerja di Perkebunan Kelapa Sawit di Kalimantan, sudah dua kali ini naik kapali di pelabuhan ini,”ujarnya.