Di Semarak Pesta Rakyat, Warga Berebut 2.500 Ketupat

Semarak Pesta Rakyat makan bersama ketupat di Kaliwungu 2017

0
639

Sebanyak 2.500 ketupat disajikan dalam Semarak Pesta Rakyat Makan Ketupat Bareng yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Kaliwungu Minggu (02/06/2017). Semarak Pesta Rakyat yang digelar di moment Syawalan ini diramaikan dengan hiburan marching band, drum blek, atraksi silat dan organ tunggal. Diawali dengan mengarak tiga buah gunungan ketupat sekitar 100 meter dari satu tempat menuju lokasi acara. Dihadiri Bupati Kendal dr Mirna Annisa, Ketua MUI Kendal KH Asroi Thohir, para ulama, tokoh masyarakat dan pengasuh pondok pesantren.

Ketua Panitia, Arno mengatakan, Forum Masyarakat Kaliwungu (Formaka) menggelar Pesta Raktar Makan Ketupat Bersama bertujuan agar Pesta Ketupan bisa menjadi ikon tradisi di Kendal. Untuk itu acara Pesta Ketupat ini akan diupayakan menjadi agenda tahunan di Kaliwungu. “Kami sangat berterima kasihkepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara yang baru pertama kali diadakan di Kendal,”katanya.

Sementara itu, Camat Kaliwungu, Dwi Cahyono Suryo mengatakan, akan mengangkat Pesta Ketupat di Kaliwungu menjadi pesta tahunan. Jika kali ini belum bisa memecahkan rekor MURI, maka tahun depan akan diupayakan bisa memecahkan rekor MURI. Dikakan, acara yang semula bisa menyediakan 200 ribu ketipat dan  2,1 ton ikan, namun karena persiapannya terlalu singkat, maka belum bisa dilaksanakan. “Acara Pesta Ketupat ini selain sebagai tradisi, juga sebagai bentuk rasa syukur,”katanya.

Bupati Kendal dr Mirna Annisa memberikan apreasiasi digelarnya acara Pesta Ketupat. Dikatakan, digelarnya acara ini juga sebagai wujud pemerintah yang peduli dengan masyarakat. Acara ini juga untuk mempersatukan seluruh masyarakat, baik kalangan para kyai atau ulama, kalangan pemuda dengan pemerintah. Menurutnya, Pesta Ketupat ini tidak sekedar tradisi biasa, sehingga harus dilestarikan, sehingga harus ada keterlibatan semua masyarakat. “Dengan acara ini diharapkan pemahaman masyarakat terhadap budaya Islam semakin baik,”harapnya.