Stadion Kendal Bakal Dijadikan Tempat Event Popnas 2017

Tim Popnas Jateng 2017 pantau lokasi di Stadion Kendal

0
1153

Kendal bakal ketempatan untuk event Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang akan berlangsung pada 9-22 September 2017. Dari 26 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Popnas 2017 nanti, ada dua cabang olahraga yang dipertandingkan di Kendal, yaitu cabor atletik dan voli pasir. Daerah lain yang menjadi tempat event Popnas yaitu Kota Semarang, Kab Semarang dan Kab Grobogan. Pemprov Jateng sebagai tuan rumah bersama Komisi E DPRD Kendal pada Rabu (12/7/2017) memantau persiapan lokasi di Kendal.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng, Urip Sihabudin mengatakan, Provinsi Jateng sebagai tuan rumah Popnas 2017 tengah mempersiapkan sarana dan prasarana pertandingan. Termasuk yang di Kendal, untuk lapangan voli pasir dan arena lintasan atletik harus segera dipersiapkan. Untuk itu pihak Pemprov Jateng bersama Komisi E DPRD Kendal melakukan pemantauan lokasi. “Sampai saat ini persiapan telah mencapai 80 persen. Diharapkan pada Juli mendatang persiapan sudah selesai, karena pertengahan Agustus harus sudah 100 persen,”ujarnya.

Banyak keuntungan yang didapat bagi Kendal yang dijadikan tempat untuk event Popnas 2017. Urip Sihabudin mengatakan, ada sekitar 500 atlet dan offisial dari cabor atletik dan 120 atlet dan ofisial dari cabor voli pantai yang  bakal datang ke Kendal. Namun hanya 500 atlet dan ofisial dari cabor atletik yang akan menginap di hotel-hotel Kendal selama event berlangsung. Untuk 120 atlet dan ofisial dari cabor voli pasir akan menginap di Semarang. “Karena keterbatasan sarana, terpaksa untuk 120 atlet dan ofisial dari cabor voli pantai diinapkan di Semarang,”katanya.

Ketua Komisi E DPRD Kendal, Yoyok Sukawi berharap, Provinsi Jateng sebagai tuan rumah harus mempersiapkan sebaik mungkin. Selain persiapan sarana dan prasarana olahraha, juga tempat penginapan bagi atlet dari daerah lain. “Kami harap, Pemkab Kendal dan masyarakat Kendal bisa memanfaatkan event ini sebaik mungkin, misalnya untuk promosi pariwisata dan produk-produk UMKM atau kuliner,”harapnya.

Kasi Peningkatan Prestasi Atlet pada Disporapar Kendal, Zein Yukri Iswandaru mengatakan, untuk Kendal yang harus dibenahi adalah lapangan voli pasir, berupa pelebaran lapangan voli pasir, supaya nyaman untuk bertanding. “Kalau untuk atletik sudah siap,”kata Zein.