Kampung Literasi di Desa Pagersari Paten Banyak Dikunjungi Tamu Luar Daerah

Kampung literasi di Desa Pagersari Patean

0
557

Di Desa Pagersari Kecamatan Patean Kendal ternyata ada Kampung Literasi. Kampung itu tidak hanya memiliki puluhan ribu koleksi buku, Kampung literasi juga memiliki peternakan kelinci yang dapat dijadikan sebagai tempat edukasi dan cara wirausaha maupun budidaya ternak kelinci, sebab hasilnya sangat bagus. Kampung yang berada di wilayah Kendal atas itu, kini semakin banyak di kenal dan ketahui banyak berbagai kalangan, baik komunitas, pelajar hingga kalangan pejabat daerah dan pejabat Kementerian Pendidikan Nasional sempatkan diri datang ke tempat tersebut.

Pengelola Kampung Literasi, Munawar mengatakan, banyak komunitas, pedagang, wirausahawan, pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah maupun pejabat berkunjung ke Kampung Litarasi. Setelah berkembang, Kampung Literasi ternyata banyak memiliki manfaat besar bagi masyarakat kampung sekitar. Bahkan banyak kalangan untuk melakukan studi banding. Rombongan yang datang kadang puluhan hingga ratusan orang.

“Yang sudah langganan itu dari para santri Pondok Pesantren Gontor, mahasiswa Semarang, dan rombongan dari pejabat dinas terkait. Mereka datang kemari untuk belajar bersama kami,” tutur dia.

Dengan banyaknya rombongan tamu dari berbagai daerah yang datang ke Kampung Literasi membuat masyarakat setempat semakin senang dan bangga. Eko Nuryanto warga desa setempat mengaku senang dan bangga desanya selalu ramai dikunjungi banyak orang. Setiap ada rombongan tamu yang datang berkunjung ke Kampung Literasi, justru digunakan warga untuk menampilkan dan menyuguhkan berbagai potensi. Baik berupa hasil karya olahan ibu-ibu, maupun hasil kreasi anak-anak dam lainnya.

“Jika ada tamu, warga tidak hanya melihat kehadiran para tamu rombongan dari luar daerah. Momen tersebut justru, bagi sebagian masyarakat dimanfaatkan untuk menampilkan berbagai potensinya,”ujarnya.