108 Penghuni Lapas Kelas IIA Kendal Terima Remisi di HUT Kemerdekaan RI ke-72

108 penghuni Lapas Kelas IIA Kendal dapat remisi di Hari Kemerdekaan RI ke-71

0
455

Sebanyak 108 warga binaan Lapas Kelas IIA Kendal mendapatkan remisi atau potongan masa tahanan di Hari Proklamasi Kemerdekaan RI Kamis 17 Agustus 2017. Remisi  yang diterima berbeda-beda, yaitu remisi 1 bulan 53 orang, remisi 2 bulan 24 orang, remisi 3 bulan 27 orang, remisi 4 bulan 5 orang, remisi 5 bulan 2 orang dan remisi 6 bulan 1 orang. Secara simbolik SK remisi diserahkan usai Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-72 di Alun-alun Kendal Kamis (17/8/2017) oleh Bupati Kendal dr Mirna Annisa didampingi Kepala Lapas Kelas IIA Kendal dan anggota Forkompimda Kendal.

“Pihak Lapas sebenarnya mengusulkan remisi untuk 112 orang, namun yang SK-nya turun 108 orang,”kata Kepala Lapas Kelas IIA Kendal, Dwi Agus Setyabudi.

Kalapas Agus mengatakan, warga binaan yang mendapatkan remisi itu dari berbagai kasus, seperti kasus pencurian, kasus korupsi, dan kasus teroris. Mantan Bupati Kendal Siti Nurmarkesi merupakan salah satu yang menerima remisi selama 3 bulan. “Satu-satunya penghuni lapas yang terena kasus teroris atas nama Agus Widiarto mendapatkan remisi 5 bulan,”katanya.

Agus Widarto yang mendapatkan hukuman 11 tahun, kini sudah menjalani hukuman tahun keempat. Menurut Kalapas Dwi, napi teroris tersebut mendapat remisi karena berkelakuan baik, sudah menjalani deradikalisasi dan membuat pernyataan untuk setia kepada negara. “Pertimbangan widarto mendapat remisi juga karena menjadi Just Collaboration,”tambahnya.