Pemkab Kendal Gelar Karnaval di Weleri

Pemkab Kendal gelar Karnaval di Weleri

0
1681

Pemkab Kendal akan mengadakan Karnaval Pembangunan di kawasan Pasar Weleri pada Sabtu (2/9/2017) malam dalam gelaran Seni Pertunjukan Rakyat. Karnaval akan atraksi kesenian dari 20 kecamatan dan mengundang gruk kesenian dari lima dearah di Jawa Tengah. Lima daerah itu adalah Kota Pekalongan, Magelang, Kabupaten Batang, Banyumas, dan Purworejo. Selain itu akan menghadirkan marching band PIP Semarang.

Ketua Panitia Karnaval Kendal, Agus Rifai mengatakan, karnaval yang akan digelar malam hari dengan rute start di depan Lapangan Sepak Bola Sambongsari hingga pertigaan Jalan Weleri – Sukorejo. Sedangkan Panggung Kehormatan berada di depan Pasar Weleri. “Peserta karnaval diperkirakan mencapai lebih dari 1.000 orang,”kata Agus Rivai usai rapat panitia. 
 
Agus Rivai mengatakan, karnaval mengambil tema Binar Sinar Kendal, maka konsep yang disajikan adalah gemerlapnya lampu-lampu yang menerangi kawasan sepanjang rute karbaval. Kota Weleri malam itu akan dibuat bercahaya dengan beragam permainan lampu. Warga di sepanjang rute juga akan turut berpartisipasi memeriahkan karnaval dengan memasang lampu-lampu dan lampion. “Di sepanjang kawasan itu juga akan dipasang bendera merah putih, sehingga warga merah putih akan mendominasi area karnaval,”ujarnya.
 
Camat Weleri, Marwoto, mengatakan, merasa senang dan bangga, karnaval Kab Kendal diadakan di Weleri. Pasalnya, secara tidak langsung akan mengangkat nama Kota Weleri di tingkat Jateng maupun nasional, sebagai kota yang selama ini selalu ramai selama 24 jam. “Kami akan berusaha menjadi tuan rumah sebaik mungkin, sehingga tidak mengecewakan pengunjung,”katanya.
 
Kapolsek Weleri AKP M Alan Haikel, mengatakan, siap memback up pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas. Pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait, termasuk Satlantas Polres Kendal dan Dinas Perhubungan. Juga akan melibatkan potensi lokal, seperti Banser, Kokam, Lindu Aji, Pemuda Pancasila untuk ikut menjaga keamanan. Untuk mengantisipasi keamanan, juga akan melakukan razia minuman keras, sehingga sewaktu kegiatan karnaval, tidak terdapat gangguan masyarakat. “Untuk pengamanan juga akan berkoordinasi dengan desa-desa di sekitar Weleri agar ikut melakukan pengawasan,”katanya.