BPBD Kendal siap Salurkan Bantuan Air Bersih

Daerah rawan kesulitan air bersih di Kendal meluas

0
211

Sebanyak 18 desa dari 6 kecamatan di Kab Kendal rawan air bersih. Enam kecamatan yaitu Kec Ringinarum 7 desa, Kec Patean 4 desa, Kec Pegandon 1 desa, Kec Cepiring 1 desa, Kec Ngampel 2 desa, dan Kec Patebon 3 desa. Dibanding tahun 2015 lalu, ternyata daerah yang kesulitan air bersih di Kendal jumlahnya meningkat. Tahun 2015 hanya 10 desa.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kendal, Syaiful Huda mengatakan, hingga saat ini baru ada satu desa yang mengajukan bantuan air bersih dan sudah disalurkan, yaitu Desa Jatirejo Kec Ngampel. Kepada masyarakat yang ingin meminta bantuan air bersih, dipersilahkan untuk mengajukan surat permohonannya melalui kecamatan setempat. Pihak BPBD siap untuk menyalurkan bantuaan air bersih. “BPBD memiliki 2 armada mobil tanki air yang sip operasi menyalurkan bantuan air bersih,”ujarnya.

Sementara itu, staf BPBD Kendal, Purwanto mengatakan, terkait dengan musim kemarau, dalam waktu dekat, pihak BPBD segera mengadakan rakor dengan kecamatan-kecamatan untuk menyikapi musim musim kemarau saat ini. Hal yang akan dibicarakan terkait dengan antisipasi bencana kebakaran, inventarisasi daerah kesulitan air bersih dan himbauan kepada petani terkait masa tanam dan jenis tanaman yang cocok untuk ditanam. “Kami juga ingin mengetahui laporan dari masing-masing kecamatan,”katanya.