Terganggu Pembangunan Tol, Murid SDN 1 Protomulyo Berharap segera Pindah

Kena dampak tol, murid-muird SD 1 Protomulyo ingin segera pindah

0
216

Murid-murid di SD Negeri 1 Protomulyo berharap segera pindah lokasi sekolahnya. Pasalnya, sekolah yang ditempati sekarang sudah tidak nyaman, karena terganggu oleh pembangunan jalan tol. Akibat adanya pembangunan jalan tol tersebut, banya debu yang masuk dalam kelas, sehingga banyak anak-anak yang terkena batuk dan sesak nafas.

SD Negeri 1 Protomulyo merupakan salah satu sekolah yang terkena pembangunan jalan tol. Namun untuk membangun gedung baru tentu memerlukan waktu lama, oleh karena itu sekolah bisa pindah sementara sambil menunggu gedung baru dibangun. Pembangunan gedung sekolah baru ditanggung oleh pihak PT Waskita, selaku pengerja proyek. Demikian pula untuk biaya sewa lokasi baru, juga ditanggung pihak PT Waskita. Humas PT Waskita Seksi IV, Toto Suharto mengatakan, mempersilahkan kepada pihak sekolah untuk mengajukan RAB kepada PT Waskita supaya proses perpindahan segera ditindaklanjuti. “Kami segera menindaklaanjuti, jika sudah ada surat pengajuan dari pihak sekolah,”ucapnya.

Guru SDN 1 Protomulyo, Sunartejo mengatakan, pihak sekolah sudah menyerahkan RAB kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal terkait kepindahan sekolahnya. Mekanismenya, surat pengajuan atau RAB diajukan melalui Disdikbud untuk disampaikan kepada PT Waskita. Dikatakan, pihak sekolah sudah siap untuk pindah sementara, sebelum gedung baru dibangun. “Sekolah sudah siap untuk pindah, tinggal menunggu instruksi dari dinas,”ujarnya.

Sementara itu Kabid Pendidikan SMP dan SD pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Kendal, Sri Bagus Darmoyo mengatakan, ada 4 sekolah negeri di Kab Kendal yang terkena pembangunan jalan tol, yaitu 1 SMP dan 3 SD. Salah satunya adalah SDN 1 Protomulyo Kaliwungu Selatan. Menurut Sri Bagus, dari empat sekolah tersebut yang RAB nya sudah diambil oleh pihak PT Waskita, baru SD Sumberagung. Sri Bangus berharap pihak PT Waskita segera mengambil RAB yang sudah dititipkan di kantor Disdikbud Kendal, supaya kepindahan sekolah-sekolah tersebut segera dilakukan. “Kami menunggu dari PT Waskita, kapan surat pengajian ini diambil,”katanya.