Tim Gabungan Tinjau Lokasi yang Terkena Dampak Pembangunan Jalan Tol

Tim gabungan cek SDN 1 Protomulyo yang terganggu pembangunan tol

0
374

Tim gabungan Pemkab Kendal dari Diskominfo, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup dan UPTD Dinas Pendidikan Kec Kaliwung Selatan bersama Koramil Kaliwungu Selatan meninjau lokasi SD Negeri 1 Protomulyo Kaliwungu Selatan yang terkena pembangunan jalan tol. Peninjauan lokasi ini untuk melihat dan mendengar secara langsung dari pihak sekolah terkait dampak pembangunan jalan tol.

Kepala Diskominfo Kendal, Muryono mengatakan, peninjauan lokasi ini terkait dampak yang ditimbulkan oleh pembangunan jalan tol, terutama bagi anak-anak sekolah, seperti polusi udara dan polusi suara. Polusi udara karena banyak debu yang masuk ruang kelas, sedangkan polusi suara karena suara alat berat dan truk-truk, yang semua itu mengganggu proses belajar mengajar. Bahkan debu-debu berakibat menimbulkan batuk-batuk dan sesak nafas. Utuk itu diharapkan kepad pihak-pihak terkait agar segera mengambil langkah aktif supaya dampaknya bisa diminimalisir. “Kalau semua pihak terkait bergerak, kan bisa cepat diatasi,”kata Muryono, Senin (11/9/2017).

Kepala Dishub Kendal, Moh Toha mengatakan, pihaknya rutin melakukan sidak terhadap truk-truk pengangkut matrial, seperti truk pengangkut tanah galian agar menaati peraturan, di antaranya harus menutup muatan tanah dengan terpal. Termasuk penyiraman sekitar lokasi dan jalan-jalan yang dilalui truk untuk mengurangi debu-debu beterbangan. “Petugas Dishub sebenarnya rutin melakukan sidak,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kendal, Sri Purwati mengatakan, pihak DLH telah melakukan kajian analisis dampak lingkungan terhadap pembangunan jalan tol. Pihaknya juga sudah memberikan teguran, baik secara lisan maupun tertulis agar tidak melakukan pelanggaran terhadap ketentuan yang berlaku. Dikatakan, bahwa adanya pembangunan jalan tol mengakibatkan dampak pencemaran lingkungan, baik polusi udara maupun polusi suara. “Kami sudah memantau, bahkan memberikan surat teguran supaya mengindahkan kondisi lingkungan dan dampak yang ditimbulkan,”katanya.